Memasak Kangkung Agar Tetap Hijau

1475
ilustrasi : internet

eQuator.co.id – Seporsi tumis kangkung yang mengepul di atas meja aromanya merangsang selera. Tetap segar berwarna hijau, salah satu daya tarik sayuran klasik yang naik kelas dihidangkan hingga di resto besar.

Kangkung, salah satu sayuran hijau yang bisa tumbuh di darat maupun air ini bisa diolah dengan aneka rasa, manis, asin dan pedas. Namun, tumis kangkung identik berubah dari hijau menjadi hitam. Sehingga menampilkan sisi lain dari warna semula.

Kangkung bisa diolah dengan proses tertentu agar hasilnya tetap hijau segar. Pengolahannya tidak sulit, bahkan cukup mudah. Anda pun bisa mengolah sayur ini tetap hijau, sekalipun telah dimasak dan telah berada dalam waktu yang lama. Cara pengolahan ini tidak membutuhkan bahan-bahan khusus, atau bahan yang harus spesial. Hanya saja ada proses tertentu di sela-sela memasak. Secara lebih detail, Chef Yudha Indra Pramanto membeberkan cara memasak kangkung agar tetap hijau sesuai selera.

Menambahkan air jeruk lemon
Sebelum mengolah kangkung, anda bisa menyiapkan bahan yang biasa digunakan. Lalu diolah dalam api sedang. Kemudian, sayur akan mengeluarkan air, sehingga tak perlu ditambahkan air. Tetapi jika anda ingin kuah yang lebih, bisa ditambahkan air secukupnya. Kemudian, tambahkan air jeruk lemon, boleh setengah atau satu buah utuh. Aduk pelan-pelan, matang dan siap untuk dihidangkan dalam keadaan hijau.

Mengolah dengan api besar
Langkah awal dan akhir bisa dilakukan seperti yang biasa anda lakukan, namun api yang digunakan besar, sehingga cepat matang. Dalam proses ini, kangkung yang diolah tidak lama berada di atas api. Maka, bisa meminimalisir warna hitam yang akan terjadi dan menjaga hijau segar yang dimilikinya.

Dari kedua cara tersebut, anda bisa mengolah dan menjadikannya sebagai cara memasak untuk sayur kangkung yang senantiasa mempertahankan warna segarnya, meskipun telah dipanaskan di atas api. Pun begitu, anda tak perlu lagi bingung menghadapi warna hitam yang membuat penampilan luar dari sayur menjadi buruk. Karena anda bisa mengolahnya, tanpa harus kehilangan segarnya yang alami.

Sebelum mengolah kangkung, anda bisa memilah sayur yang berkualitas. Tidak semua sayuran bisa diolah dengan baik nan bergizi. Berikut ini ialah tips memilih sayur kangkung yang baik, yaitu:
• Pastikan sayur tidak layu dan dalam keadaan hijau segar.
• Pilih kangkung yang bebas dari tekstur buruk, seperti daun yang berlubang ataupun berwarna kuning.
• Potong kangkung, bisa daunnya atau sampai batangnya. Namun, pastikan potongan tersebut kecil-kecil karena akan mempermudah saat dikonsumsi.

Sayur kangkung tetap bisa diolah tanpa harus kehilangan kesegaran warna hijaunya. Memilih sayur yang bagus tidak sembarangan. Kangkung yang tumbuh di darat maupun air tidak masalah. Semua bisa disesuaikan dengan selera anda. Sebab pada dasarnya mereka sama, hanya beda tempat hidupnya. Selain itu, kangkung memiliki karakteristik masing-masing. Kangkung yang tumbuh di darat tidak merambat. Sedangkan kangkung air, bisa tumbuh merambat dengan cepat.

Reporter: Gusnadi

Redaktur: Yuni Kurniyanto