Wabup: Pemanfaatannya Jangan Hanya Kelompok Tertentu

5 Desa di Kapuas Hulu Terima Mobil Bantuan Kemendes PDTT

9
SERAHKAN BANTUAN. Antonius L. Ain Pamero menyerahkan bantuan mobil Kemendes PDTT kepada masyarakat lima desa se Kapuas Hulu di halaman kantor Bupati Kapuas Hulu, Sabtu (10/11). Andreas-RK

eQuator.co.id – PUTUSSIBAU – RK. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberi bantuan lima unit mobil kepada desa di Kabupaten Kapuas Hulu. Mobil-mobil untuk lima desa ini  melalui penganggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).

Mobil-mobil tersebut diberikan kepada Desa Nanga Nyabau Kecamatan Putussibau Utara, Desa Bayan Langsa Kecamatan Embaloh Hilir, Desa Bunut Hulu Kecamatan Bunut Hilir, Desa Mawan Kecamatan Pengkadan dan Desa Sriwangi Kecamatan Boyan Tanjung. Bantuan mobil itu diserahkan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero kepada para Kepala Desa di sela-sela peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor Bupati, Sabtu (10/11). Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan pihak desa untuk memajukan sektor ekonomi masyarakat.

“Tujuan pemerintah tidak lain, itu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu bantuan mobil tersebut harus betul-betul dimanfaatkan,” pesan Wabup.

Anton Pamero juga berpesan agar penggunaan mobil tersebut diatur melalui aturan desa. Dengan demikian pemanfaatannya tidak sembarangan dan untuk kepentingan sebagian orang saja.

“Pemerintah desa perlu membuat peraturan desa, supaya kendaraan itu tidak bisa sembarangan digunakan, hanya untuk kepentingan bersama. Pemanfaatannya jangan hanya kelompok tertentu,” tegasnya.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan, kata Wabup, pemerintah desa yang mendapatkan bantuan tersebut harus menganggarkan dana khusus untuk operasional mobil, termasuk pemeliharaannya. “Mobil itu tentu butuh bantuan operasional, kemudian perlu juga pemeliharaan kendaraan,” harap Wabup. (dRe)