Tinjau Waterfront Keraton Sanggau dan Wisata Sentana

Gubernur Ingin Pembangunan Merata

10
WISATA SENTANA. Gubernur Kalbar Sutarmidji didampingi Bupati Sanggau Paolus Hadi, Kepala Bappeda Kukuh Triyatmaka dan Raja Sanggau Gusti Arman meninjau kawasan wisata Sentana, Senin (5/11). Kiram Akbar-RK

eQuator.co.idSanggau-RK. Gubernur Kalbar Sutarmidji mengunjungi Kabupaten Sanggau, Senin (5/11). Kedatangan orang nomor satu di Pemprov Kalbar ini  guna melihat langsung percepatan pembangunan di Bumi Daranante.

Dalam lawatannya, pria yang karib disapa Midji itu sempat mengunjungi Keraton Surya Negara dan Kapung Wisata Sentana.

Ketika meninjau waterfront Keraton Sanggau dan Kompleks wisata Sentana, Midji memastikan akan menggelontorkan dana pada tahun 2019 untuk membangun keduanya.

Midji berharap Sentana sebagai objek wisata baru menjadi ikon masyarakat Kabupaten Sanggau yang bisa mengundang daya tarik. Sehingga masyarakat Sanggau tidak perlu lagi ke tempat lain jika hendak berwisata. “Saya pastikan tahun depan kita mulai, cuma berapa panjangnya nanti kita lihat,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mendapatkan informasi langsung terkait infrastruktur jalan di Kabupaten Sanggau yang menjadi tanggungjawab Pemprov. “Mana yang paling utama untuk kita laksanakan,” katanya.

Selama pemerintahannya, ia ingin pembangunan harus dilakukan secara merata. “Yang tahu kan pak Bupatinya. Sehingga ke depannya mana lagi yang harus kita sinergikan antara Provinsi, Pusat dan Daerah,” tutur Midji.

Saat melakukan peninjauan, Gubernur Kalbar didampingi Bupati Sanggau Paolus Hadi. Kesempatan itu digunakan Bupati untuk menyampaikan terkait pembangunan di Kabupaten Sanggau. “Saya senang beliau datang dan bisa melihat langsung apa yang menjadi kebutuhan kita,” kata PH, sapaan akrab Paolus Hadi.

Beberapa hal yang disampaikannya antara lalin pembangunan di daerah wisata, terutama di daerah sungai. Karena itu juga kewenangan Pemprov, yaitu waterfront. Pembangunannya akan diteruskan dari Keraton Surya Negera sampai ke hilir yang rencananya dimulai tahun 2019.

Selain di arah Keraton, pembangunan objek wisata juga akan dilakukan di kompleks wisata Sentana Kelurahan Sekayam Kecamatan Kapuas. “Jalur Sekayam ini juga kewenangan pak Gubernur,” jelasnya.

Selanjutnya, dibicarakan juga soal jalan yang menjadi kewenangan Pemprov. “Kita ada tiga jalur. Pertama, dari Kembayan menuju Balai Sebut. Kemudian dari Balai Sebut menuju batas Sekadau dan terakhir dari Bodok ke Meliau,” rincinya.

Bupati mengaku telah menyampaikan data kepada Gubernur mana jalan yang menjadi kewenangan Pemprov, dan mana yang menjadi kewenangan Pemkab. Karena jalan-jalan ini baru berapa persen sudah diurus sebelumnya.

“Tapi kita minta dituntaskan termasuk jalur Balai Sebut ke batas Sekadau itukan belum ada jaringan listrik. Jadi kita minta beliau mendorong PLN sehingga listrik bisa nyambung ke Sekadau,” ujar PH.

Bupati juga menyinggung bagaimana sekolah-sekolah ke depan. Gubernur, kata PH, akan membuat suatu konsep supaya para siswa mendapat support dari APBD. “Setiap anak nanti ada bantuan anggarannya. Cuma ini belum final. Nanti pak Gubernur akan memgundang kita rapat kerja soal itu,” tutur PH.

 

Laporan: Kiram Akbar

Editor: Arman Hairiadi