Tak Selamanya Bisnis Berjalan Mulus

Banyak Rintangan dan Halangan

202
Ulul Azmi

Pontianak-RK. Ulul Azmi, seorang pengusaha Ketan Susu Pontianak di Jalan KH Ahmad Dahlan mengatakan, bahwa jangan mengira bahwa jalan membangun sebuah bisnis atau usaha selalu mulus. Bahkan menurutnya, lebih banyak rintangan dan halangannya ketimbang mulusnya.

“Berbeda dengan kita menjadi pegawai. Kita harus siap segala apapun konsekuensinya kalau kita sudah memulai usaha,” katanya kepada Rakyat Kalbar.

Dengan demikian, pria kelahiran Kota Pontianak 18 juni 1991 ini menganjurkan, bahwa hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum memulai usaha adalah kesiapan mental. Yaitu mental pejuang. “Siap mental dulu, karena dunia wirausaha lebih banyak halangan dan rintangannya,” katanya.

Kemudian, dalam melangkah, pengusaha start up disarankannya mesti memperhatikan dulu usaha apa yang menjadi kemampuan yang bersangkutan.

“Yang kita rasa kita bisa melakukannya, baik itu di bidang kuliner, jasa ataupun produk ritail. Karena kelebihan tiap pengusaha berbeda-beda dan tetap fokus pada usaha yang dijalani,” ujarnya.

Pengalaman paling berharga dari memulai usaha, kata Ulul, usahakan jangan memulai usaha dengan modal hutang, apalagi dengan kredit. Alasannya, karena kita tidak bisa menebak-nebak bagaimana perkembangan usaha tersebut ke depannya.”Jadi usahakan modal dari hasil simpanan sendiri,” tukasnya.

Selain itu, yang harus dijaga dari pengusaha adalah berpikiran positif. Karena dengan berpikiran baik dapat menggerakkan usaha menjadi lebih baik. Begitupun sebaliknya, pikiran negatif tidak akan membawa kemajuan. “Tidak bakal maju-maju kita, karena banyak takutnya, banyak mikir negatifnya. Dan saran saya kalau baru mulai usaha baiknya fokus dulu pada satu bidang usaha, jangan semua ingin digeluti sekaligus. Lebih baik satu fokus, daripada banyak tapi tidak fokus, lalu ujung-ujungnya semuanya hancur,” ujarnya. (fik)