Sosok Dahlan Iskan Selalu Memberikan Terobosan

29
Muda Mahendra

eQuator.co.id-Kubu Raya. Bupati Kubu Raya terpilih Periode 2019-2024 Muda Mahendrawan melihat sosok Dahlan Iskan merupakan orang yang tidak pernah berhenti memikirkan untuk mencari solusi ide-ide gagasan yang selalu muncul di setiap melihat suatu persoalan.

“Yang paling di kedepankan, solusinya dulu. Makanya beliau ini (Dahlan iskan) selalu inovasi dalam memberikan gagasan atau selalu membuat terobosan,” ungkap Muda Mahendra saat ditemui di kediamannya.

Muda menambahkan, semenjak beliau menjadi menteri saat itu, membuat cara-cara berfikir selalu mendarat ke problem yang menjadi substansinya dan dicari solusi, supaya ada percepatan-percepatan.

“sosok beliau ini berfikirnya dalam suatu waktu bisa beberapa hal yang diputuskan. Makanya beliau selalu memberikan ide-ide yang kreatif dan langsung ke solusi. Tidak semua orang seperti pak Dahlan Iskan,” ungkapnya.

Seperti zaman sekarang yang merupakan zaman IT, dapat dengan mudah memecahkan suatu masalah dengan sangat cepat.  Dahlah Iskan orang yang sangat luar biasa yang selalu memberikan semangat serta ide-ide terbaru, baik yang di sampaikan secara langsung maupun tulisannya.

“Tulisannya itu enak di baca, langsung masuk ke subtansi, membuming. Orang yang baca mudah mengerti, walaupun pendidikannya tidak tinggi, tapi ngerti. Jadi dalam mengupas sesuatu itu sangat dalam,” katanya.

Muda Mahendra menambahkan, Dahlan Iskan juga merupakan pribadi yang unik dan selalu memberikan gagasan besar yang ditularkan ke anak-anak negeri ini.

Terkait Buku pribadi yang menginspirasi, Muda Mahendra mengatakan, sangat luar biasa seorang Dahlan Iskan ingin memperlihatkan kepada masyarakat, terutama generasi dan memberikan contoh-contoh konkrit nyata.

“Ini lebih condong kepada karakteristik seseorang. Mungkin ini ada kesamaan dari 50 tokoh tersebut,” ucapnya.

Dia melihat, apa yang di gali 50 tokoh ini, merupakan hal yang positif. “Ini bisa menjadi penggerak. Jadi kalau pribadi yang terinspirasi, akan menularkan energi yang positif untuk produktivitas masyarakat,” katanya.

“Rata-rata yang dijadikan sampel terinspirasi oleh pak Dahlan ini adalah mereka-mereka yang konsisten dan fokus terhadap apa yang mereka perjuangkan, baik itu melayani masyarakat, ada yang membuat kebijakan, swasta maupun pemerintah,” katanya.

Tidak hanya itu, Muda berharap, dengan adanya launching ini, semoga anak muda juga terinspirasi, terutama semakan untuk membuat tulisan.

“Kalau di Indonesia ini, hanya sekian persen yang konsen dalam membuat tulisan. Mudah-mudahan ini akan dijadikan contoh,” katanya.

Tak perlu memulainya dari hal yang besar, Muda menambahkan, para generasi penerus ini, harus memulai dari hal yang terkecil dalam membuat tulisan.

“Dilingkungan sekitar sebenarnya banyak yang bisa di tulis. Anggap itu baru belajar. Tapi kalau sudah terbiasa, nanti akan membuat tulisan yang lebih dalam seperti sosok Dahlan Iskan,” katanya. (sul)