Selamat HUT Bhayangkara

25 Personel Polresta Pontianak Pensiun

25
SELAMAT. Dandim 1207/BS Pontianak Kolonel Inf. US Manurung memberikan potongan tumpeng kepada Kapolresta Pontianak Kombes Pol Wawan Kristiyanto dalam agenda HUT ke-72 Bhayangkara di Polresta Pontianak, Rabu (11/7) pagi--Humas for RK
SELAMAT. Dandim 1207/BS Pontianak Kolonel Inf. US Manurung memberikan potongan tumpeng kepada Kapolresta Pontianak Kombes Pol Wawan Kristiyanto dalam agenda HUT ke-72 Bhayangkara di Polresta Pontianak, Rabu (11/7) pagi--Humas for RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Peringati HUT ke-72 Bhayangkara, jajaran Polresta Pontianak menggelar upacara sekaligus syukuran dan pelepasan 25 orang wisuda Purna Bhakti. Upacara yang digelar di Halaman Polresta Pontianak pada Rabu (11/7) sekira pukul 08.00 Wib, turut dihadiri Dandim 1207/BS Pontianak, Kolonel Inf. US Manurung, Pemerintah Kota Pontianak dan Kubu Raya serta tokoh masyarakat.

Upacara peringatan HUT Bhayangkara yang mengusung tema ‘Dengan Semangat Promoter, Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas tahun 2018 dan 2019’ ini, dipimpin Kapolresta Pontianak Kombes Pol Wawan Kristiyanto.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dibacakannya, Presiden menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri, yang selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Serta bekerja keras agar penyelenggaraan Pilkada serentak daerah bisa berjalan secara aman dan tertib.

Masih dalam amanat itu, Presiden meyakini apa yang dilakukan oleh setiap anggota Polri adalah wujud pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa dan negara. Sepanjang 72 tahun sejarah pengabdian Polri pada bangsa dan negara, Polri telah banyak berperan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu, secara khusus Presiden menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tulus kepada para sesepuh dan pendahulu Polri, yang dengan perjuangan, jasa, dan pengabdiannya telah meletakkan landasan, serta telah membangun dan mengembangkan Polri.

Dalam amanat itu, Presiden berpesan bahwa peringatan Hari Bhayangkara bukan sekadar menjadi perayaan, tetapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri. Khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bidang pemeliharaan kamtibmas, diminta mampu mengedepankan tindakan penangkalan dan pencegahan. Petakan, deteksi dan antisipasi setiap potensi kerawanan yang ada, serta lakukan langkah penanganan yang tepat, agar tidak terjadi gangguan kamtibmas yang meresahkan.

Sementara di bidang penegakan hukum, Presiden berpesan untuk melakukan pemberantasan terhadap setiap bentuk kejahatan dan tindak kriminalitas secara tegas, profesional, legitimate dan tidak diskriminatif. Sehingga dapat menjamin kepastian hukum dan memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat.

Tak hanya itu, Polri juga diimbau untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi guna memperbaiki mutu dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Serta terus memberikan perlindungan yang memadai kepada kelompok-kelompok rentan: penyandang disabilitas, anak-anak dan perempuan.

Beri pengayoman dan perlindungan yang setara kepada semua warga bangsa yang beragam dari sisi agama, etnis, aliran, gender, kelompok sosial lainnya. Juga diharap Polri mampu menjadi perekat kebhinnekaan, penjaga toleransi, mejaga keteraturan, keharmonisan serta memperkuat persatuan Indonesia.

Setelah amanat Presiden dibacakan, kegiatan dilanjutkan dengan syukuran dan pemberian potongan tumpeng oleh Dandim 1207/BS Kolonel Inf. US Manurung kepada Kapolresta Pontianak disertai ucapan selamat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Upacara Pedang Pora dalam rangka Wisuda Purna Bhakti kepada 25 orang anggota Polri yang memasuki masa pensiun.

Kegiatan terakhir ini berlangsung haru, ketika satu perwakilan Wisuda Purna Bhakti Aiptu Ibrahim Razali menitikkan air mata kala mendapat kalung bunga dari Kapolresta.

“Saya sangat bangga dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selama 40 tahun saya mengabdi di kepolisian, banyak suka duka yang saya alami yang tidak bisa saya ungkapkan,” ujarnya.

Ibrahim berharap besar kepada generasi muda dan jajaran Polri kedepan akan semakin maju, moderen dan akan mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada Polresta Pontianak. Hingga akhir pengabdian saya dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lancar. Saya akan kembali menjadi masyarakat sipil setelah 40 tahun saya mengabdi sebagai anggota Polri,” ucapnya.

Laporan: Andi Riduansyah

Editor: Ocsya Ade CP