Puting Beliung Ancam Ketapang

321

eQuator – Kabupaten Ketapang diprediksi berpotensi diterjang angin puting beliung pada perubahan musim kemarau ke musim penghujan. Kemungkinan bencana puting beliung terjadi pada bulan Desember 2015 hingga Januari 2016.
mengatakan dari

“Prediksi BMKG, kalau akan terjadi perubahan iklim ekstrem dari kemarau ke penghujan yang disertai dengan angin kencang. Jadi tidak hanya potensi banjir, kabupaten Ketapang juga berpotensi diterjang angin puting beliung,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang, Soviar melalui Kasi Kesiapsiagaan dan Logistik, Triyoga, Selasa (17/11).

Hal lini sesuai imbauan dari BPBD Provinsi Kalbar yang juga meminta mengantisipasi sejak dini seperti mengecek kondisi pohon-pohon besar dan lainnya.Apalagi potensi angin puting beliung rawan melanda lantaran setiap tahunnya. “Semua kecamatan di Ketapang memiliki potensi terjadi puting beliung,” jelasnya.

Menurutnya, walaupun semua Kecamatan di Ketapang berpotensi terjadi angin puting beliung, ia menjelaskan kalau yang paling sering dilanda angin puting beliung jika berkaca dari tahun-tahun sebelumnya Kecamatan yang berada di pesisir pantai, seperti Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS), Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU), kecamatan Kendawangan, Delta Pawan, Muara Pawan dan Benua Kayong.

“Terakhir terjadi tahun lalu di desa Kauman kecamatan Benua Kayong, ada dua rumah yang terkena angin puting beliung,” katanya. Triyoga mengimbau masyarakat tetap waspada.

 

Laporan: Jaidi Chandra

Editor: Kiram Akbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here