Prioritaskan Daerah Sulit

94
Lisma Roliza SH

eQuator – Putussibau-rk. Setelah pelipatan surat suara selesai, saat ini KPU Kapuas Hulu sedang melakukan penyortiran dan pengepakan. Sementara untuk pendistribusian logistik Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Bupati-Wakil Bupati Kapuas Hulu nanti akan diprioritaskan ke daerah-daerah yang sulit.

Lisma Roliza SH, Ketua KPU Kapuas Hulu menuturkan pihaknya telah meminta kepada masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan pemetaan daerah yang sulit pendistribusian logistik. Daerah yang terbilang sulit nanti mesti menjadi prioritas. Prioritas itu misalnya jika yang distribusikan untuk tempat lain dua hari sampai dan tempat yang sulit tiga hari baru sampai maka, daerah itu lebih dulu pendistribusiannya. “Untuk pendistribusian nanti kita sudah berkoordinasi dengan petugas yang ada di PPK dan PPS (Panitia Pemungutan Suara). Kita juga akan berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI,” katanya, Jumat (20/11) di ruang kerjanya.

Daerah yang menjadi prioritas, kata Lisma seperti hulu Kapuas di kecamatan Putussibau, Silat Hulu, dan daerah danau di Selimbau. Pendistribusian ini dikawal oleh pihak kepolisian. “Dengan perencanaan yang ada Insya Allah kami yakin sampai target pelaksanaannya. Sejauh ini seluruh tahapan kami tidak menghadapi masalah. Untuk petugas di lapangan kami selalu melakukan komunikasi baik ketemu langsung maupun telepon. Petugas pun belum ada mengeluhkan apa-apa sampai saat ini,” ujarnya

Lisma yang juga merangkap di Divisi Hubungan Masyarakat Data Informasi dan Hubungan Antar Lembaga ini untuk hambatan lain sudah antisipasi, seperti cuaca yang sering hujan. Makanya surat suara di packingagar tidak basah. “Pengerjaan suarat suara ini dilakukan 20 orang,” tukas Lisma.

Sementara itu, ditambahkan Awang Ramlan Iskandar SE, Anggota KPU Kapuas Hulu Divisi Teknis Penyelenggaraan, Umum, Rumah Tangga dan Organisasi setelah dipacking, akan dimasukan ke dalam sampul dan dan disegel. Setelah itu, baru didistribusikan ke PPK. Pendistribusian akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Desember 2015 mendatang. Sementara penyaluran ke PPS, tergantung masing-masing PPK yang mengaturnya. Yang penting endistribusiannya tidak lewat tanggal 8 Desember 2015. “Ini sesuai ketentuan, satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan, surat suara sudah ada di KPPS,” katanya.

Dijelaskan Awang, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPSI di Kapuas Hulu sebanyak 785. Jumlah surat suara yang dikirim dari percetakan sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 171. 780 ditambah 2,5 persen untuk mengantisipasi kerusakan surat suara. “2,5 persen itu hitungan bukan secara global, tapi per TPS. Jika terjadi kerusakan surat suara kita akan minta penambahan melalui mekanisme bagian pengadaan. Namun yang rusak itu akan kita musnahkan terlebih dahulu dan disaksikan oleh Panwas dan Kepolisian,” jelasnya.

Untuk kotak suara, lanjut Awang, menggunakan bekas Pemilu sebelumnya. Sesuai kebutuhan sebanyak 854 kotak suara. Termasuk untuk kotak suara di tingkat PPK.  “Kotak suara itu terbuat dari aluminium,” pungkas Awang. (aRm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here