Pramuka Ajari Pelajar SD Hidup Mandiri

1189
Para dewan guru dan pembina Pramuka SDN No 02 Desa Mungguk.Abdu Syukri
Anak-anak Pramuka dari SDN No 02 Mungguk memasak dalam rangka lomba masak HUT Gudep Batu Tinggi. Abdu Syukri
Anak-anak Pramuka dari SDN No 02 Mungguk memasak dalam rangka lomba masak HUT Gudep Batu Tinggi. Abdu Syukri

eQuator – SEKADAU-RK. Meski berstatus sebagai ekstrakulikuler, namun pendidikan Pramuka memberikan dampak positif yang sangat besar bagi pelajar. Dampak ini setidaknya terlihat pada anak-anak Pramuka di SDN Negeri Nomor 02, Desa Mungguk, Sekadau Hilir.
Saat acara ulang tahun (HUT) Gugus Depan (Gudep) 039-040 Batu Tinggik yang berpangkalan di SDN Nomor 02 Desa Mungguk, Sabtu (31/10) lalu, anak-anak Pramuka di SDN tersebut mampu menunjukkan sikap mandirinya. Meski tergolong masih belia, namun mereka tampak cukup terampil memasak. “Memang sudah sering diajarkan masak-memasak di Pramuka ini bang,” kata Andi, salah seorang pelajar SDN Nomor 02.
Andi dan sejumlah rekan-rekannya yang lain memasak sejumlah makanan, baik sayuran maupun nasi dan lauk-pauk. “Nanti akan dinilai bang. Untuk lomba,” katanya semangat.
Guru Pembina Pramuka SDN Nomor 02 Mungguk, M Supardi S Pd mengatakan, selain lomba masak-memasak, ada berbagai lomba lain yang mereka gelar dalam rangka HUT Gudep 039-040 Batu Tinggik yang ke-30 itu. Diantaranya, lomba tarik tambang, lomba goytang dumang, lomba sholat, lomba azan, lomba petik koin dari jeruk, lomba PBB, lomba sandi dan lomba Engrang. “Lomba-lomba ini kita gelar dalam rangka memeriahkan HUT Gudep dan sekaligus untuk mengasah kemampuan para anggota Pramuka untuk hidup mandiri,” ujar Supardi.
Diakui Supardi, di SDN Nomor 02, kegiatan Pramuka cukup berkembang. “Pramuka akan terus kita tingkatkan karena ini berkaitan dengan melatih siswa untuk bersikap mandiri, berakhlak mulia dan berbudi pekerti baik,” ucapnya.
Pihak sekolah, kata Supardi, juga memberikan dukungan baik. “Ini merupakan semangat bagi saya untuk terus mengembangkan kegiatan kepramuka di SDN Nomor 2,” tuntasnya.
Kepala SDN Nomor 02 Desa Mungguk, H Ramli A, S Pd SD yang juga menjabat sebagai Kepala Majelis Pembimbing Gudep (Mabigus) Batu Tinggik membenarkan jika Pramuka di sekolahnya berkembang cukup pesat. Pihak sekolah diakuinya memberikan dukungan.
“Di dana BOS, kita bahkan mengalokasikan anggaran khusus untuk pengembangan Pramuka di sekolah ini,” ucapnya.
Selain dari BOS, peran orang tua siswa juga sangat besar. “Orang tua melalui komite juga ikut mendukung kegiatan kepramukaan disini,” ucap Ramli.

Laporan: Abdu Syukri
Editor: Kiram Akbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here