Pembalap Indonesia Masuk Lima Besar

149
ilustrasi-JPNN.com

eQuator.co.id – SIAK – Indonesia berhasil menempatkan rider-ya di posisi pertama untuk kategori di ajang balap sepeda tour de Siak. Di event tahunan yang berlangsung 25-28 November di Siak itu, M. Taufik dari tim puslatda Jatim berhasil finish di urutan ke lima kategori general classification sekaligus yang terdepan di kategori Indonesian rider dengan catatan waktu 3 jam 29 menit 10 detik.

Sementara itu yellow jersey hingga etape pertama ini berhak dikenakan oleh pembalap asal Malaysia. Mohamad Azwan Zulkifli dari National Council Malaysia Team berhasil menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 3 jam 27 menit 4 detik.

Tak hanya posisi pertama yang ditempati pembalap asal Malaysia. Mereka pun mendominasi podium dengan menempatkan reder-nya di posisi ke dua dan tiga. Posisi ke dua ditempati oleh Cheku Mochammad Syamil dari tim Persatuan Basikal Trengganu. Dan posisi ke tiga diisi oleh Syofian Nabil Omar dari tim NSC Malaysia

Menurut Taufik, sebenarnya dia berpeluang untuk bisa masuk ke dalam tiga besar di kategori general classification kemarin (25/11). Namun, sekitar 300 meter menjelang finish kakinya mengalami kram. Dia pun langsung disalip oleh Nelson Martin, pembalap Filipina dari tim CEBU Philippines. Alhasil, tak hanya gagal masuk ke posisi tiga besar, Taufik pun harus melorot ke posisi lima.

Meskipun tergolong climber, Taufik tetap mampu bersaing di rute balapan yang didominasi flat. Kunci keberhasilannya ada pada bagian rolling. “Ya, karena sprinter murni biasanya kurang kuat di bagian rolling, makanya saya ambil peluang di sana karena basic saya yang memang sprinter,” ujar Taufik.

Di Etape ke dua yang akan berlangsung hari ini, para pembalap akan menempuh jarak sejauh 115, 45 km. Menurut Taufik rute di etape ke dua ini lebih variatif daripada rute di etape pertama. “Rolling-nya lebih banyak daripada etape pertama, semoga bisa optimal dengan karakter rute seperti itu,” ucap Taufik.(mat/JPG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here