Kapolda Kalbar Resmikan Taman Baca di Perbatasan

191

eQuator –  Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Arief Sulisyanto, direncanakan meresmikan taman baca di perbatasan Indonesia-Malaysia di Desa Nanga Kantuk Kecamatan Puring Kencana, Jumat (27/11) nanti.

“Kapolda didampingi Ketua Bhayangkari Kalbar besok (hari ini, red) rencana datang bersama tim, terutama pejabat Polda Kalbar, selama tiga hari di Kapuas Hulu,” kata AKBP Sudarmin SIK, Kapolres kapuas Hulu, saat ditemui usai debat kandidat calon Bupati-Wakil Bupati Kapuas Hulu, Rabu (25/11) di Gedung DPRD Kapuas Hulu.

Hari ini, Kapolda beserta rombongan datang ke Putussibau menggunakan pesawat Garuda. Setelah mendarat akan langsung ke Mapolres Kapuas Hulu. Kapolda akan memberikan pengarahan kepada seluruh personil di Mapolres Kapuas Hulu dan anggota Brimob, terkait dengan pengamanan Pilkada.

“Kemudian akan melakukan pengecekan di Kantor KPU Kapuas Hulu, Kantor Panwaslih Kapuas Hulu, dan beberapa tempat yang dianggap perlu mendapatkan perhatian Bapak Kapolda,” ujarnya.

Baru besok harinya, Kapolda dan rombongan menuju ke Kecamatan Puring Kencana untuk meresmikan taman baca yang dibangun bersama-sama atas partisipasi masyarakat. “Buku-bukunya dari kepolisian serta langsung dari Ketua Bhayangkari dan Kapolda Kalbar,” pungkas Sudarmin.

Menurut Sudarmin, taman baca yang diresmikan Kapolda Kalbar sudah ada dua, yaitu di Kecamatan Badau dan Puring Kencana. “Untuk di Badau diresmikan Kapolda juga pada tahun yang lalu bertepatan dengan perayaan 17 Agustus 2014. Dan di Puring Kencana, yang rencananya akan diresmikan nanti ini. Kemungkinan bisa juga akan dibangun di daerah lain,” paparnya.

Tujuan dibangun taman baca ini, lanjut Kapolres untuk menimbulkan minat baca kepada masyarakat. Supaya masyarakat di perbatasan bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Sebab di perbatasan, sangat jauh dan daerahnya masih ada yang terisolir. “Tentu dengan adanya taman baca ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat di sana. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” demikian Sudarmin. (aRm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here