Pelebaran Jalan di Siantan, Perparah Macet Jalur Pontura

302
MACET. Setiap akhir pekan jalur Pontura kerap terjadi macet panjang. Kondisi ini diperparah dengan adanya proyek pelebaran jalan sepanjang 2 kilometer di kawasan tersebut. POLISI FOR RK

eQuator – Banyaknya wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan di Kota Singkawang membuat peningkatan volume kendaraan menjadi tak terelakkan. Akibatnya, kemacetan panjang lalu lintas yang terjadi di sepanjang Jalan Khatulistiwa, Siantan, Kecamatan Pontianak Utara (Pontura) kian memprihatinkan.

“Lalu lintas jalur Pontura meningkat sejak Sabtu siang kemarin. Kepadatan antrean diperparah dengan adanya pelebaran jalan,” ujar Kapolsek Pontura, AKP Ridwan Maliki kepada Rakyat Kalbar, Minggu (29/11).

Kapolsek menambahkan, sebenarnya sepekan terakhir beberapa ruas titik di jalur Pontura memang sudah macet, karena panjang pelebaran jalan itu kurang lebih 2 kilometer. Namun tak separah akhir pekan ini. “Hingga saat ini, pelebaran jalan masih berlangsung. Masing-masing dilebarkan 1,5 meter,” paparnya.

Biasanya kendaraan leluasa menggunakan dua lajur. Namun karena ada pelebaran jalan, di beberapa titik hanya menggunakan satu lajur saja. Sehingga kendaraan yang ingin melewati jalur Pontura menjadi satu arah dan terpaksa harus antre.

Guna mengantisipasi kemacetan yang semakin parah, lanjut Kapolsek, ia menurunkan full Polantas Polsek Pontura untuk mengatur lalu lintas di ruas jalan tersebut. “Dari ujung ke ujung jalan yang dilebarkan, kita turunkan personil Lantas,” timpanya.

Ridwan menyarankan, kepada pengendara agar bersabar dalam antrean serta tidak mencoba untuk menerobos jalur berlawanan yang tentunya akan membahayakan pengendara itu sendiri.

“Kami juga mengimbau kepada pengendara untuk berhati-hati selama melakukan perjalanan di kawasan Pontura. Terlebih untuk yang tidak ada keperluan penting, sebaiknya jangan melintasi jalur Pontura,” imbaunya. (oxa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here