eQuator.co.id – SEKADAU-RK. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sirin Meragun Kabupaten Sekadau bertekad terus melakukan pengembangan bisnisnya dengan menambah jumlah pelanggan baru. Mereka bahkan sudah memasang target pelanggan untuk tahun depan.
“Target kita tahun 2018 nanti 1.000 SR (Sambungan Rumah/pelanggan baru),” ujar Yok Kelak ST, Direktur PDAM Sirin Meragun menjawab Rakyat Kalbar, Jumat (29/12).
Dibandingkan tahun 2017 ini, memang jumlah target tersebut tidak ada penambahan. Target SR tetap stagnan pada angka 1.000 orang.
Namun, jika target itu bisa direalisasikan, praktis jumlah pelanggan PDAM Sirin Meragun tetap semakin bertambah. Selain tentu saja hal itu akan berimbas pada peningkatan income perusahan berplat gincu tersebut.
Menurut Yok, 1.000 SR yang ditargetkan itu akan disebar di empat daerah pelayanan PDAM Sirin Meragun. Masing-masing unit Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau Hulu dan unit Kecamatan Nanga Taman, yang keseluruhan sumber air bakunya dari air Gunung Meragun. Sementara satu unit lagi, di unit Sungai Ayak, Belitang Hilir yang sumber air bakunya dari Sungai Kapuas.
“Jadi kita sebar di empat unit itu. Tidak ada pembatasan per unit. Artinya, bebas berapa pun jumlah pelanggan baru. Yang jelas, target kita 1.000 SR,” tegas Yok.
Disinggung soal jumlah SR pada tahun 2017 ini, Yok mengakui pihaknya tidak mencapai target yang ditetapkan. Awalnya, pihak PDAM Sirin Meragun menargetkan 1.000 pelanggan. Namun hingga akhir Desember ini, jumlah SR yang terpasang 725 orang.
“Jadi realisasinya sekitar 72 persen lah. Mudah-mudahan tahun depan sesuai target lah,” imbuh Yok.
Berdasarkan data dari PDAM Sirin Meragun, saat ini total jumlah pelanggan ledeng 5.980 orang. Jika realisasi SR tahun 2018 bisa tercapai 100 persen, maka pada tahun depan jumlah pelanggan akan menjadi 6.980 orang.
Alek, salah seorang pelanggan PDAM Sirin Meragun di Desa Mungguk, menyambut baik rencana penambahan jumlah pelanggan ledeng tersebut. “Air itu kan penting. Jadi kalau ada yang ingin pasang ledeng, jangan dihambat,” ucapnya.
Alek juga berharap dengan penambahan pelanggan, pelayanan PDAM semakin baik. “Jangan sampai makin banyak pelanggan, pelayanan justru semakin menurun,” ingat Alek. (bdu)