Pantai Lokasi Favorit Liburan Lebaran

107
Pantai Tanjung Belandang. Anak-anak bermain Banana Boot di Pantai Tanjung Belandang saat liburan Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah. Jaidi Chandra/RK.

eQuator.co.id – Ketapang-RK. Destinasi wisata pantai di Kabupaten Ketapang masih menjadi tempat favorit pengunjung ketika Lebaran tiba. Masyarakat menggunakan waktu di Hari Raya Idul Fitri tersebut untuk berlibur bersama keluarga.

Tempat wisata yang ramai dikunjungi, di antaranya Pantai Tanjung Belandang dan Pantai Air Mata Permai di Kecamatan Muara Pawan serta obyek wisata pantai lainnya.

Rabu (6/7), hari pertama Lebaran, kedua pantai ini sudah tampak ramai dipadati pengunjung. Bahkan, hari kedua Lebaran, Kamis (7/7) pengunjung terlihat lebih padat. Puncaknya, Minggu (10/7) semakin padat.  Baik di jalan menuju obyek pantai maupun di lokasi pantai. Pengunjung di kedua pantai ini bervariasi. Mulai dari yang berkeluarga hingga muda-mudi. Mereka tak hanya sekadar menikmati fenomena pantai sekaligus berfoto bersama keluarga. Di area wisata Pantai Tanjung Belandang ada penyedia jasa Banana Boot yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Sudah menjadi tradisi selama libur Lebaran kerap dipergunakan warga  untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Di Kota Ale-Ale ini, wisata pantai dengan melihat pemandangan laut dan bermain di bibir pantai masih menjadi favorit warga.

Banyaknya pengunjung di pantai-pantai mendatangkan rezeki tersendiri bagi pedagang kaki lima (PKL). Seperti mainan anak-anak,  makanan ringan dijajar di objek wisata pantai.

Di Pantai Tanjung Belandang, pengunjung terlihat beragam dari berbagai usia. Kapal-kapal boat kecil pun berseliweran tak jauh dari bibir pantai yang disewakan dengan harga Rp20.000 per jam.

Dahlia, salah satu pengunjung Pantai Tanjung Beladang mengaku, memilih pantai ini sebagai tempat wisata sekaligus tempat berkumpul bersama keluarga besarnya saat Lebaran. “Mumpung Lebaran, kami sekeluarga senang-senang saja mengunjungi pantai ini. Maklum satu tahun sekali,” ucapnya, Minggu (10/7).

Reporter: Jaidi Chandra

Redaktur: Andry Soe