Lomba Sekolah Sehat

140
Ketua Tim Penilai lomba sekolah sehat Drs. Noviar Gustriandi (Kanan) saat meninjau salah satu sekolah di Ketapang- Humas

eQuator – KETAPANG-RK. Lomba Sekolah Sehat yang digelar Pemprov Kalbar dalam dua hari kemarin guna melakukan penilaian sekolah sehat di Kabupaten Ketapang.
Ketua Tim Penilai lomba sekolah sehat Drs. Noviar Gustriandi. M.si mengatakan, sekarang ini banyak sekolah mengklim dirinya sebagai sekolah sehat, namun belum tentu sekolah itu sehat jika kriteria kriteria didalamnya belum terpenuhi.
“Sekolah sehat adalah sekolah yang mampu membantu siswa siswi untuk berprestasi secara maksimal, “ katanya di hadapan siswa siswi dan pihak sekolah disetiap sekolah yang dinilai, kemarin.
Di samping itu dikatakannya, Defenisi sekolah sehat adalah sekiolah yang bersih, indah hijau , teduh dan rindang sehingga peserta didiknya sehat, segar bugar serta senantiasa berprilaku hidup bersih dan sehat. Baik membangun kesehatan jasmani maupun rohani .
“Melalui pemahaman ,kemampuan dan tingkah laku, siswa siswi akan mampu mengambil keputusan yang baik untuk kesehatan mereka,” kata Novia.
Menurutnya, pihak sekolah harus mengedepankan pencegahan dan promosi kesehatan sehingga lebih mengtutamakan pencegahan ketimbangan menunggu sakit. “Penanganan secara integratif mutlak dilakukan pihak sekolah sehat. Sebab menurutnya, guru kelas merupakan ujung tombak sekolah sehat,” tuturnya.
Noviar yang juga Kabag Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga di Biro Kesra Sos Pemprop Kalbar ini menjelaskan, untuk mencapai tujuan tersebut, lanjut Noviar, maka pelaksanaan tiga program pokok UKS yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat perlu didorong dan dimasyarakatkan. Dengan demikian
semua pihak memahami dan mendukung program di sekolah sehat.
Sementara Kabag Kesejahteraan rakyat Setda Kabupaten Ketapang Utin Syamsiah menjelaskan ada 4 sekolah sehat yang dinilai oleh Tim penilai sekolah sehat tingkat Propinsi Kalimantan Barat, yakni Sekolah Taman Kanak Kanak Al- -Irsyad Kecamatan Benua Kayong, Sekolah Dasar Negeri 14 Desa Tanjung Baik Budi Kecamatan Matan Hilir Utara dan SMK Negeri
01 Kecamatan Muara Pawan serta SMP Negeri 05 Kecamatan Delta Pawan
“Penilaian Sekolah sehat ini didampingi Tim Penilai sekolah sehat Kabupaten Ketapang,” katanya. (Jay/Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here