Kwarcab Mempawah Tergiat se-Kalbar

Kakwarcab Gerakan Pramuka Mempawah, Rahmad Satria salam komando dengan Kamabicab Gerakan Pramuka Mempawah, Ria Norsan. Humas for Rakyat Kalbar.

eQuator – Mempawah. Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah dinobatkan sebagai Kwarcab Tergiat se-Kalbar. Ketua Kwartir Daerah (Kakawrda) Kalbar Suryadi menyerahkan anugerah lima tahun sekali ini kepada Kakwarcab Mempawah, Rahmad Satria di Hotel Borneo Pontianak, akhir pekan lalu.

Rahmad Satria mengaku bangga Kwarcab Mempawah meraih penghargaan tersebut. Dia mengungkapkan, penilaian kinerja Kwarcab dilakukan langsung oleh Tim Penilai Kwarda Kalbar. Setelah melalui proses penilaian, Kwarcab Mempawah dinyatakan mendapat poin tertinggi mengalahkan Kwarcab Sambas, Sekadau, dan Sintang yang secara berurutan meraih peringkat II, III, dan IV. “Penganugrahan ini merupakan suatu prestasi yang diraih dengan semangat yang tak mudah luntur dan tidak instan. Butuh waktu lima tahun persiapan, sehingga anugrah Kwarcab Tergiat se-Kalbar bisa kita raih,” ungkapnya dengan nada tegas, Senin (14/12).

Sejumlah aspek yang dinilai Kwarda, papar Rahmad, di antaranya ketersediaan gedung sekretariat berikut kelengkapannya, seperti barang inventaris maupun ruangan-ruangan yang dibutuhkan. Selain itu, Kwarda juga menilai tata kelola administrasi, baik surat-menyurat hingga pelaporan keuangan. Rahmad mengungkapkan, tim penilai yang beranggotakan 12 orang juga menilai keaktifan Kwarcab Mempawah selama lima tahun terakhir, terutama menyangkut pelaksanaan kegiatan kepramukaan, seperti Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjutan Pertama (KMLP), dan Kursus Pelatih Dasar (KPD). “KPD kita sudah melaksanakannya selama dua kali. KPD tidak setiap daerah mampu melaksanakannya. Biasanya hanya dilaksanakan di tingkat Kwarda, tetapi kita membuktikan bahwa Kwarcab Mempawah mampu melakukannya,” tuturnya.

Menurut Rahmad, keberhasilan yang diraih Kwarcab Mempawah tidak lepas dari dukungan dan peran aktif Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Mempawah Ria Norsan, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mempawah Zulkifli Salim, dan jajaran Kwartir Ranting, pelatih Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwarcab Mempawah, serta instruktur Satuan Karya (Saka). “Kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Mabicab, Kadisdikpora, seluruh jajaran Kwarcab, Kwarran, pembina, dan masyarakat. Karena dukungan dari semua elemen itulah kita tidak akan bisa meraih predikat Kwarcab Tergiat I se-Kalbar,” pungkas­nya. (sky)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.