Keren…Nonton Ajang PON Kini Bisa Lewat Smartphone

106
COBA STREAMING: Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (ketiga kiri ) mencoba Aplikasi Streaming Pertandingan PON XIX Jabar 2016. Bandung Ekspres/JawaPos.com

eQuator.co.id – Sejumlah terobosan terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat buat mensukseskan ajang PON XIX 17-29 September mendatang.

Yang teranyar, Pemprov meluncurkan aplikasi berbasis smartphone. Meniru laiknya perhelatan Olimpiade, warga kini bisa menyaksikan ajang PON cukup melalui layar handphone.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, aplikasi ini bisa digunakan di smartphone android. Dan sudah bisa diunduh Google Play.

”Sebetulnya ini untuk memudahkan dan mengajak masyarakat untuk menonton secara langsung. Kalaupun tidak bisa, dapat melihat di aplikasi ini,” jelas Heryawan usai meluncurkan aplikasi tersebut di Gedung Sate.

Dirinya menuturkan, penggunaan aplikasi berbasis Smartphone ini merupakan kali pertama dalam event olah raga. Ke depan, dimungkinkan aplikasi ini juga bisa digunakan pada ajang even olah raga lainnya termasuk Sea Games.

Kepala daerah yang akrab disapa Kang Aher ini mengatakan, ajang PON XIX juga merupakan perhetalatan olahraga terbanyak dalam penyelenggaraan cabang olahraganya.

Tercatat 54 cabor yang akan dilombakan dengan memperebutkan 756 medali. Sedangkan untuk jumlah atlet, lanjut dia, terdapat 2.000 orang lebih yang akan berlaga.

”Jumlah official sebanyak 600 orang. Belum termasuk awak media di Jabar dan nasional,” ungkapnya.

Untuk itu, Heryawan berharap untuk even akbar ini bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Terutama manfaat ekonomi.

Sebab dengan diselenggarakan PON ini, masyarakat juga bisa menikmati manfaat positif baik langsung atau tidak langsung.

”Penerimaan tenaga official, pembuatan merchandise, kuliner, transportasi, perhotelan semuannya itu terlibat dan manfaat positif lainya masih banyak lagi,” urainya.(yan/gun/drx/rie/rmol/mam/JPG)