Kemendikbud Tunda Pengumuman Nilai Unas SMP

31
Peserta UNBK SMP di Kaltim beberapa waktu lalu. (Fuad Muhammad/Kaltim Post/Jawa Pos Group)
Peserta UNBK SMP di Kaltim beberapa waktu lalu. (Fuad Muhammad/Kaltim Post/Jawa Pos Group)

eQuator.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundurkan pengumuman ujian nasional (unas) SMP/MTs. Sebelumnya, pengumuman akan dilaksanakan pada 23 Mei. Namun, Kemendikbud mengundur pengumuman menjadi 25 Mei.

Pemberitahuan pengunduran pengumuman hasil unas tersebut terdapat di Instagram Kemendikbud. Dalam akun itu, terdapat foto surat edaran dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kepala BSNP Bambang Suryadi membenarkan adanya kabar tersebut. “Benar diundur,” katanya, kemarin.

Bambang mengatakan bahwa pengumuman diundur agar tidak ada jeda terlalu lama antara penyerahan hasil dan peng­umuman kelulusan dari satuan pendidikan. “Pengumuman di tingkat satuan pendidikan pada 28 Mei,” ucapnya.

Penyerahan hasil dari panitia tingkat pusat ke panitia tingkat provinsi juga diundur. Jika jadwal semula pada 18 Mei, penyerahan hasil dari panitia tingkat pusat akan dilakukan pada 22 Mei.

Dia menampik bahwa panitia tingkat pusat belum menyelesaikan hasil Unas. Pengolahan di tingkat pusat sudah selesai. “Tanggal 22 Mei akan diserahkan ke dinas provinsi,” ucapnya.

Pengunduran itu tidak akan mengubah jadwal penerimaan peserta didik baru (PPDB). “(PPDB) tidak terganggu karena peng­umuman kelulusan dari satuan pendidikan tepat 28 Mei,” ujarnya.

Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno membenarkan pernyataan Bambang. Perubahan jadwal pengumuman itu bukan terkendala hal-hal teknis. (JawaPos.com/JPG)