I-Jari ‘Boyong’ Siti Aminah ke RS Antonius

Dua Bulan Kaki Korban KDRT Patah

14
Dua bulan lamamya Siti Aminah tak mampu menggerakan badannya, karena kaki yang patah. Ari Sandy Teks: Siti Aminah saat dirujuk ke Rumah Sakit Antonius Pontianak. Ari Sandy

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Selama dua bulan, Siti Aminah, 18, hanya terbaring rumah orangtuanya di Kecamatan Mempawah Hilir. Kondisinya miris dengan pembengkakan kaki kirinya yang semakin parah, karena tidak memiliki biaya untuk berobat. Selasa (4/12), Ikatan Jurnalis Bestari (I-jari) Mempawah membantu korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) itu untuk dirawat di Rumah Sakit (RS) Antonius, Kota Pontianak.

Sebelumnya, I-Jari telah berkoordinasi dengan Direktur RSUD dr Rubini dr David Sianipar. Bersama Dinas Sosial PPPAPD Mempawah melalui Kasi Peranan Perempuan, Maryani akhirnya sejumlah jurnalis yang bertugas di Kabupaten Mempawah Mempawah menuju kediaman Siti Aminah di Jalan dr Rubini 2, Desa Kuala Secapah, Kecamatan Memapawah.

Selanjutnya, Siti Aminah didampingi oleh anggota Ijari Mempawah, Dimas dan Yanto beserta perwakilan keluarga langung berangkat menggunakan ambulance, dibantu organisasi sosial Satu Priok menuju ke Pontianak.

Ketua I-Jari Mempawah, Dian Sastra mengungkapkan, mereka berupaya menggalangkan dana untuk penyembuhan kaki Siti Aminah yang telah dua bulan tak pernah mendapatkan pengobatan medis untuk penyembuhannya. “Saat ini kita berupaya merujuk korban untuk dilakukan upaya medis sambil kita mencarikan dana untuk biaya operasinya,” ungkapnya.

Dari informasi yang didapat, I-Jari harus mencarikan dana kurang lebih senilai Rp20 juta untuk keseluruhan biaya pengobatan Siti Aminah. “Kita ihktiar dan ikhlas untuk membantu Siti Aminah. Sekarang sudah kita rujuk dengan biaya seadanya, dan kita berupaya mencarikan dana untuk operasi. Semoga Allah mudahkan usaha kita,” ungkapnya berharap.

Dian mengharapkan donasi bantuan masyarakat untuk dapat membantu Siti Aminah, agar dapat segera dilakukan operasi untuk kesembuhan Siti Aminah. “Bagi yang ingin membantu dapat menghubungi saya di 081348320118 atau 085211112992,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Peranan Perempuan Maryani yang turut mendampingi Siti Aminah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para jurnalis Mempawah yang telah membantu pihaknya membawa Siti Aminah ke RS.

Ia menyatakan bahwa dirinya sempat bingung untuk melakukan penanganan terkait Siti Aminah, karena pengobatan Siti Aminah tak di tanggung oleh BPJS Kesehatan.

Dia saat ini mengupayakan untuk membuatkan Surat Keterangan Tidak Mampu yang akan digunakan untuk pengobatan bagi Siti Aminah. (sky)