HIMAPOL Bentuk Media Kawal Pemilu 2019

7
ilustrasi. net

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. Himpunan Mahasiswa Politik (HIMAPOL) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menyelenggarakan pendidikan dan latihan (Diklat).

Kepala Prodi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (Fisipol) Untan Pontianak, Jumadi menuturkan Diklat ini merupakan upaya mengasah keberadaan mahasiswa yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik. Tapi juga kemampuan dalam mengembangkan gagasan dan pemikiran dalam bentuk berorganisasi itu sangat penting.

“Apalagi kita mahasiswa ilmu sosial yang notabene program studi ilmu politik, kemampuan berorganisasi, berkomunikasi dan berinteraksi itu sangat penting,” tutur Jumadi, Sabtu (20/10).

Jumadi mengatakan di era revolusi industri 4.0 ini generasi muda harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Kendati begitu, harus tetap berada diarah positif. Di era digital ini Jumadi juga memberi tantangan kepada Himapol Untan untuk ikut berpacu dengan perkembangan berita-berita di media.

“Saya tantang ketua yang baru ini untuk bisa membuat media dan memberitakan bagaimana kondisi perpolitikan Indonesia dan kontribusi Himapol dalam penyelenggaraan perpolitikan di Indonesia,” ucapnya.

Apalagi saat ini Indonesia sedang berada di tahun politik. Ia menegaskan Himapol Untan harus mampu ikut andil memberikan suara dan menggiring berjalannya pemilu tahun 2019 nanti. “Itu fungsinya Himapol ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kasubbag Kemahasiswaan Fisip Untan Sugito mengatakan dalam Diklat ini telah hadir calon kader pemimpin yang berintegritas, sinergitas, dan memiliki semangat nasionalisme. Ia berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengambil pelajaran positif dari setiap materi yang disampaikan.

“Mahasiswa adalah generasi intelektual yang memberikan contoh yang bisa kita berikan terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini menjadi cerminan bagi fakultas lain. Agar dapat menyelenggarakan kegiatan positif semacam ini juga.

“Apalagi kita mahasiswa ilmu politik yang mempunyai wawasan luas. Wawasan yang sangat teruji yaitu dengan cermin bangsa kita tentunya,” tukas Sugito.

Ketua Panitia Diklat Himapol Fisip Untan 2018 Ria Haryati menuturkan kegiatan ini merupakan agenda wajib setiap tahun. Diklat ini melibatkan mahasiswa baru. Ada 120 peserta yang ikut.

“Saya berharap adik-adik ini bisa membawa Himapol lebih baik kedepannya,” harap Ria.

Sementara itu, Demisioner Himapol 2017-2018 Hengki Hayatullah menuturkan sesuai dengan tema kegiatan yakni mengoptimalkan himapol yang berintegritas.

Ia berpesan berintegritas berarti menanam nilai-nilai kejujuran. Ia menilai hari ini banyak orang pintar dan cerdas tapi belum tentu berintegritas. Oleh karena itu, nilai-nilai kejujuran perlu di tanamkan untuk mewujudkan itu.

“Jadi mahasiswa jangan takut. Tunjukkan keberanian dan tekad berani berkompetisi. Dan kemudian bagaimana meningkatkan jiwa-jiwa nasionalisme,” tegas Hengki.

“Saya berharap momen pilpres dan pileg 2019 seluruh mahasiswa ilmu dapat membantu menuangkan gagasanya dan ide-idenya  dalam pelaksanaan pemilu 2019,” tandasnya.

Ketua Himapol Fisip Untan Ardianus Ardi berharap dengan adanya Diklat ini

kepenggursan di kepemimpinan himapol untan dapat menjadi lebih baik lagi. Tentunya dengan tahun politik ini himapol dapat berperan aktif dan turut andil dalam pelaksanaan maupun pengawasan pemilu 2019. “Saya mengajak kawan-kawan pengurus dapat bekerja menjalankan organisasi ini dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sehingga himapol lebih jaya,” pungkasnya. (riz)