Empat Pembalap IMI Kalbar Optimis Raih Tiket PON

Motor Khusus. Panitia penyelenggara Prakualifi kasi PON menyiapkan motor khusus dengan standar yang sudah disepakati untuk masing-masing kelas. Motor ini secara khusus dikarantina hingga kejuaraan resmi digelar. ISTIMEWA /RK

eQuator – Setelah berulang kali melakukan latihan intensif serta ditambah dengan beberapa kejuaraan lokal. Tiba saatnya bagi IMI Kalbar menunjukkan kemampuan pada Prakualifikasi PON XIX, yang diselenggarakan di Sentul Kecil Jakarta, hari ini.

Humas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar, Muhamad Bayu menyampaikan, keempat pembalap terbaik Kalbar, yakni Alvian Renaldi, Faruk Faisal, Jacky Fuadi dan Rivaldo dalam posisi siap dan optimis bisa lolos serta meraih tiket ke kejuaraan PON Jawa Barat 2016.

“Empat pembalap terbaik Kalbar bersama IMI Kalbar siap bersaing dengan 33 tim dari provinsi se-Indonesia dan optimis mampu meraih tiket ke PON yang akan digelar September 2016,” katanya, Selasa (3/11).

Bayu menambahkan, empat pembalap yang tergabung dalam tim Pra PON IMI Kalbar akan mengikuti kelas perorangan dan beregu untuk kategori usia 20 tahun ke atas dan 20 tahun ke bawah.

Meski di kelas usia 20 ke atas, tim Pra PON balap motor Kalbar masuk dalam starting gread maut bersaing dengan pembalap nasional dari DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat. Namun dengan persiapan yang matang pembalap Kalbar optimis memberikan hasil yang terbaik.

Sementara itu, Kepala Bidang Roda Dua Pengprov IMI Kalbar, Syarif Muhammad Syafril menyampaikan, kondisi fisik para pembalap Kalbar saat ini dalam kondisi puncak dan telah berhasil mendapatkan waktu terbaik dalam sesi latihan terakhir di Sentul Jakarta.

“Rata-rata dua putaran mampu menembus waktu 1.01.70 detik. Waktu terbaik itu rata-rata setara dengan waktu terbaik tim-tim unggulan. Dengan hasil ini tentunya menjadi modal dan motivasi bagi tim Pengprov IMI Kalbar untuk merebut tiket ke PON di Jawa Barat,” ulasnya.

Dari 31 tim yang nantinya akan berlaga, hanya akan diambil sebanyak 26 tim dari masing-masing Pengprov IMI saja untuk kelas perorangan. Dan hanya 14 Pengprov IMI untuk kelas beregu di semua kelas 20 tahun ke atas dan 20 tahun ke bawah.

Hari ini, dijadwalkan akan dilombakan kelas 150 cc untuk usia 20 tahun ke atas yang dimulai dari latihan resmi, babak kualifikasi dan race dengan sepeda motor yang sudah dipersiapkan panitia Pra PON balap motor.

“Di kelas perorangan ini akan menjadi dasar penentuan tiket untuk kelas beregu yang akan diambil 14 terbaik. Dengan dukungan ketua Pengprov IMI Kalbar yang ikut mendampingi tim, tim Kalbar siap memberikan yang terbaik untuk Kalbar,” ujarnya.

Keyakinan senada sebelumnya juga disampaikan Ketua Pengprov IMI Kalbar, Iin Solinar. Menurut penilaiannya, dengan melihat kondisi pembalap dan strategi yang dilakukan, tim balap motor IMI Kalbar sangat yakin bisa bersaing dengan tim-tim dari Pengprov-Pengprov IMI lainnya.

“Tim Pengprov IMI Kalbar menjadi salah satu tim yang ditakuti. Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Untuk itu kami mohon doa seluruh masyarakat Kalimantan Barat,” harapnya. (fik)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

1 Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.