Earth Hour Ajak Selamatkan Bumi

13
ANGKUT SAMPAH. Earth Hour Pontianak berkolaborasi dengan berbagai komunitas dalam aksi bersihkan sungai Kapuas di clean up day 15 September lalu. EH Pontianak for RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Banyak komunitas atau perkumpulan hanya memiliki hobi atau kesukaan yang sama. Beda dengan Earth Hour (EH) Pontianak.

Merupakan salah satu gerakan kampanye WWF, organisasi konservasi. Berinisiatif global untuk mengajak individu, masyarakat, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi. “Aksi kami berupa upaya Hijau Ramah Lingkungan.” Kata koordinator EH Pontianak, I Wayan Bayu Anggara, Jumat (23/11).

Wayan, mengatakan Sekretariat EH Pontianak di Jalan Karna Sosial Gang Wonoyoso 2 No. 3. Awalnya EH hanya gerakan mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam setiap Sabtu di minggu terakhir Maret setiap tahunnya. Namun kini bergerak menjadi aksi nyata untuk menyelamatkan lingkungan. Lambang Earth Hour’60+’ menunjukkan 60 menit mematikan lampu sebagai awal gaya hidup hemat energi. “Menunjukkan komitmen untuk bersama-sama dan berkelanjutan lakukan aksi-aksi hijau untuk bumi,” ajaknya.

“Contohnya seperti school campaign, aksi penanaman manggrove dan pohon, aksi pungut sampah, media online campaign, radio campain,” timpal Wawan.

EH juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak. Sehingga beberapa programnya didukung Pemkot Pemerintah.  “Seperti kamrin kami lakukan aksi World Clean up Day membersihkan tepian Kapuas,” ujarnya.

EH yang sifatnya volunter atau sukarelawan ini akan pprect lagi pada Desember. Sehingga jika anda mau atau tertarik dengan kegiatanya bisa mengunjungi media sosial EH. “Yakni di Instagram kami di @ehpontianak. Kita akan ada kumpul belajar bareng bersama Volunteer yang baru,” tutup Wayan. (uci)