-ads-
Home Ekonomi E-Commerce Indonesia Kecipratan Berkah Imlek

E-Commerce Indonesia Kecipratan Berkah Imlek

ilustrasi : internet

eQuator.co.id – JAKARTA-RK. Perayaan Tahun Baru Imlek 2019 mendatangkan berkah bagi industri e-commerce di Indonesia. Salah satu platform ShopBack mencatat, volume transaksi belanja online meningkat hingga 70 persen saat imlek.

Bahkan, jika dibandingkan dengan hari raya imlek tahun lalu juga naik sekitar 10-15 persen dibanding volume transaksi imlek tahun lalu yang hanya sekitar 55-60 persen.

Country Head of ShopBack Indonesia Indra Yonathan mengatakan, pola konsumsi masyarakat indonesia yang mulai merambah dunia digital dan online menjadi faktor peningkatan volume pemesanan e-commerce.

-ads-

“Tidak hanya volume pemesanan yang meningkat tahun ini, rata-rata belanja masyarakat Indonesia saat imlek tahun ini pun turut meningkat. Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja di platform e-commerce pada imlek tahun ini sekitar Rp 746.000 naik 50 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 480.000,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (8/2).

Yonathan menambahkan, peningkatan volume ini juga tidak lepas dari beragam kegiatan promosi potongan harga serta cashback yang diberikan platform e-commerce menjelang perayaan imlek 2019.

“Selain promo imlek, beberapa e-commerce juga ada yang memberikan program promo gajian atau festival belanja online di tanggal cantik, seperti festival belanja 2.2 kemarin. Tren festival belanja di tanggal cantik ini pun akan semakin semarak lagi di 2019,” tuturnya.

Volume pemesanan di ShopBack sudah menunjukkan kenaikan dari dua minggu menjelang perayaan imlek dan puncaknya terjadi pada seminggu menjelang. Data ini pun senada dengan hasil survei yang dilakukan ShopBack pada Februari 2018, terhadap lebih dari 1.100 responden di lima kota di Indonesia.

Dimana 40,1 persen responden mengaku telah membeli perlengkapan imlek tujuh hari menjelang perayaan imlek berlangsung. Sebanyak 24 persen mulai membeli perlengkapan dua minggu sebelum dan 16,4 persen sebulan sebelum.

Sementara itu, berdasarkan data ShopBack, kategori marketplace, pulsa, travel, fesyen, dan makanan menjadi lima produk teratas yang dibeli pengguna ShopBack saat promo imlek berlangsung. Adapun lima marketplace yang menjadi favorit masyarakat pada imlek tahun ini adalah Shopee, Tokopedia, JD.ID, Blibli, dan Bukalapak. (Jawa Pos/JPG)

Exit mobile version