Donor Darah Sambut HUT RI, Dispora Gandeng Hipmi dan OKP

144
ilustrasi.net

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 tahun 2016, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalbar menggelar donor darah, Jumat, 12 Agustus.

Dispora menggandeng beberapa komunitas dan organisasi kepemudaan (OKP) di Kalbar. Diantaranya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) dan lainnya.

“Kegiatan ini ditujukan untuk memeriahkan HUT RI ke-71. Selain para PNS dari berbagai dinas dan lembaga, kita juga menggandeng unsur pemuda dari komunitas dan OKP, seperti KNPI, HIPMI, FKP dan lain sebagainya,” kata Syawal Bondorekso, Kepala Dispora Kalbar, Rabu (10/8).

Dari kalangan badan atau lembaga, Dispora juga menggandeng Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Perikanan dan Prodi IIP.

“Sampai saat ini, dari HIPMI dan FKP sudah terdata sebanyak 400 pendonor, belum termasuk OKP-OKP lainnya. Sementara dari PNS sudah ada sebanyak 20 orang. Kita berharap jumlah ini akan bertambah,” harap Syawal.

Secara teknis, kegiatan ini akan dilaksanakan di depan Kantor Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak, pukul 07.00. Sebelum pelakaanaan donor darah, akan dilaksanakan senam massal pada pukul 06.30.

“Khusus kegiatan donor darah, dilaksanakan selama satu hari, mulai pukul 07.00 hingga selesai. Kemudian pukul 08.00, saya bersama Pak Gubernur akan meninjau gladi kotor perisiapan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra),” ujar Syawal.

Dalam momen kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 tahun ini, Dispora lebih memaksimalkan peran pemuda-pemudi Kalbar. Sejalan dengan semangat kemerdekaan RI, serta mendorong pemuda Kalbar untuk lebih peduli kemanusiaan.

“Selain dalam rangka hari kemerdekaan 17 Agustus ini, kami juga akan menggelar kegiatan serupa pada Hari Sumpah Pemuda, Oktober mendatang, di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak. Tujuannya, kita ingin pemuda Kalbar peduli soal kemanusiaan,” harap Syawal.

Laporan: Fikri Akbar

Editor: Hamka Saptono