Cuaca Ekstrim, Informasikan Gangguan Listrik

8
Ilustrasi.NET

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Kondisi cuaca saat ini kerap terjadi hujan deras disertai angin kencang. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar mengimbau warga segera menginformasikan apabila terjadi gangguan listrik.

“Seperti kemarin di Jalan Alianyang depan Dinas Pertanian. Daerah padam Jalan Alianyang,  Putri Candramidi, Taman Untan, Purnama pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik, kabel SUTM putus,” ujar Humas PLN UIW Kalbar, Hendra, Rabu (5/12).

Mengingat saat ini cuaca ekstrim, pihaknya mengimbau masyarakat lebih berhati-hati. Terutama yang berhubungan dengan listrik.

“Kita minta segera informasikan atau lapor jika ada kejadian atau potensi terjadinya gangguan listrik yang diakibatkan kondisi cuaca buruk,” imbaunya.

Terkait pohon yang ditanam warga dekat jaringan listrik diharpkan memangkasnya. Karena dikhawatirkan tersengat listrik. “Sebaiknya segera menghubungi kantor layanan PLN terdekat agar bisa dibantu untuk dipangkas petugas PLN,” harapnya.

Sedangkan untuk pohon yang berada di pinggir jalan menjadi hak dan tanggung jawab Pemkot/Pemkab setempat. Pihak PLN telah berkoordinasi dengan instansi terkait agar dapat segera dipangkas. Karena batas jarak minimal antara pohon dari jaringan listrik sekitar 3 meter. “Kita juga telah bekerjasama dengan pihak terkait agar segera memangkas pohon atau tanaman yang berpotensi mengakibatkan gangguan pada jaringan listrik,” tutup Hendra. (nov)