Cari Paku, Perempuan 13 Tahun Malah Temukan Mayat

Polisi Masih Identifikasi dan Dalami Penyebab Kematian Korban

29
ilustrasi

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Mayat tanpa identitas ditemukan warga di Kampung Parit Makmur, Desa Sungai Asam, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Senin (3/9) sekira pukul 15.00 Wib. Mayat yang sebagian sudah menjadi kerangka itu ditemukan tepat di areal bekas rumah pengungsian.

Penemuan mayat ini langsung ditindak lanjuti oleh anggota Satuan Reskrim Polresta Pontianak yang langsung mendatangi lokasi kejadian, Selasa (4/9).

“Kita sampai ke lokasi penemuan mayat sekitar jam setengah dua belas siang. Sebagaian tubuh mayat ini sudah berbentuk kerangka. Sementara bagian bawah seperti paha dan kaki masih utuh,” ujar Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Muhammad Husni Ramli, Selasa (4/9) siang.

Ia menerangkan, mayat ini awalnya ditemukan warga setempat, Jumiati. Kala itu, Senin (3/9) sore, Jumiati sedang mencari tanaman paku atau pakis di hutan areal bekas rumah pengungsian. Perempuan 13 tahun itu kemudian melihat sesosok mayat yang tidak diketahui jenis kelaminnya. “Saksi melihat mayat berada di parit dengan posisi terlentang,” jelas Husni.

Atas temuan mayat ini, Jumiati langsung memberitahu orang tua dan Ketua RTsetempat, Abdul Hamit. Selasa (4/9), para saksi kemudian memberitahukan penemuan mayat ini kepada anggota Bhabinkamtibmas Sungai Asam, Polsek Sungai Raya.

“Nah anggota Bhabinkamtibmas Desa Sungai Asam melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sungai Raya dan anggota Piket Sat Reskrim Polresta Pontianak,” tutur Husni.

Tak menunggu lama, tim gabungan kemudian mendatangi lokasi penemuan mayat tersebut. Sesampainya di lokasi, tim langsung melakukan olah TKP dan langsung mengevakuasi korban.

“Namun tim tidak menemukan identitas pada mayat tersebut. Selanjutnya mayat tersebut dibawa ke RSUD dr Soedarso untuk dilakukan visum dan identifikasi,” kata Husni.

Informasi yang dihimpun di lapangan, lanjut Husni, bahwa warga setempat memang ada yang hilang. “Namun dari warga sekitar menduga kemungkinan jenazah ini merupakan orang luar. Dilihat dari kondisi korban, jenis kelaminnya laki-laki,” ujar Husni.

Saat ini, penyebab kematian korban masih belum dapat disimpulkan. “Untuk dugaan penyebab kematian, masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (oxa)