Berharap Generasi Sadar Pajak

DJP Kalbar Gelar ‘Pajak Bertutur’

6
SOSIALISASI. Staf Kanwil DJP Kalbar memberikan sosialisasi Pajak Bertutur di SD Bawamai, Pontianak, Jumat (9/11). Nova Sari-RK

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Kantor Wilayah (Kanwil) Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kalbar menggelar ‘Pajak Bertutur’ di SD Bawamai, Jalan KH Wahid Hasyim, Pontianak, Jumat (9/11). Kegiatan program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI ini merupakan pengenalan kepada siswa berkaitan dengan pajak.
“Kenapa kita memilih anak-anak, sebab mereka adalah generasi emas. Mereka perlu dikenalkan apa itu pajak, bagaimana perannya, sehingga dapat membangun kesadaran mereka agar sadar pajak,” ungkapnya Kepala Kanwil DJP Kalbar, Slamet Sutantyo.
Pajak Bertutur tahun ini diselenggarakan di tiga kelas. Yaitu kelas 4, 5 dan 6. Diwaktu bersamaan juga digelar di SMA Immanuel Pontianak dan SMA 1 Ambawang Kuala. “Ini dilakukan secara serentak oleh DJP. Beberapa personel kita turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi ini,” terangnya.
Untuk anak-anak SD, pihaknya memberikan sosialisasi dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Mereka dicontohkan saja terkait pajak dengan game, sehingga lebih mudah. “Mereka tahu pajak ini dilakukan dengan bergotong royong bersama sama untuk membangun bangsa,” ucapnya.
Slamet berharap pelajar dan mahasiswa lebih mengenal DJP. Karena dalam sosialisasi ini sekaligus mengenalkan peran Kanwil DJP. “DJP itu seperti apa, fungsi kantor pajak mengadministrasikan para pembayar pajak, lalu jika mereka ingin bekerja di kantor pajak. Artinya tidak hanya melulu ingin menjadi pilot saja, siapa tahu bisa jadi pegawai pajak juga,” tutup Slamet. (nov)