Bawa Truk Logistik dan Ambulance

Relawan Rumah Zakat Menuju Palu

9
MISI KEMANUSIAAN. Relawan Rumah Zakat Kalbar berada di lokasi gempa di Palu, Sulteng, kemarin. Rumah Zakat Kalbar for RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Relawan Kemanusiaan Rumah Zakat Kalbar berangkat menuju Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (3/10).  Mereka berangkat melalui Kota Balikpapan.

Branch Manager Rumah Zakat Kalbar, Asrul Putra Nanda mengatakan, relawan yang berangkat bernama Sunarto. Ke Palu membawa bantuan yang telah diberikan donatur.

“Mohon doanya sahabat semua, Sunardi anggota tim Kemanusian Rumah Zakat asal Kalbar berangkat dari Balikpapan membawa 1 truk logistik dan 1 unit ambulance menuju Palu dari Balikpapan,” ungkapnya lewat pesan WhatsApp (WA), Kamis (4/10).

Asrul mengatakan, tim relawannya berangkat menggunakan feri dari Pelabuhan Kariangau menuju Pelabuhan Mamuju. Dalam ekspedisi kemanusiaan itu, diperkirakan relawan akan mengarungi laut selama 24 jam.

“Truk pembawa logistik sudah merapat ke Pelabuhan Kariangau pukul 13.00 WITA. Saya yang membawanya langsung truk logistik ini,” ujar Sunardi, seperti yang dikutip oleh Asrul.

Kemarin, tim relawan medis Rumah Zakat Kalbar bernama Tri Apriyanto juga telah tiba di Palu. Saat ini Tri  berada di Petobo, tepatnya di Islamic Centre, lewat helikopter SKK Migas.

“Kedua relawan ini akan terus memberikan update kondisi di lapangan selama satu bulan. Keduanya juga akan membantu BNPB dan TNI untuk evakuasi korban dan penanganan medis,” pungkas Asrul.

Terpisah, anggota Relawan Indonesia (Relindo) Kalbar, Agus Harianto mengatakan, pihaknya masih belum berangkat menuju Sulteng.

“Relindo Kalbar belum berangkat menuju Palu. Insya Allah, pada minggu ke dua nanti kami berencana akan berangkat menggantikan tim pertama yang berada di sana,” ujar Rian saat dihubungi Rakyat Kalbar, Kamis (4/10).

 

Laporan: Bangun Subekti

Editor: Arman Hairiadi