Bus Pengantar CJH Sekadau Alami Pecah Ban

TIBA DI ASRAMA HAJI. Bus Pengantar CJH asal Kabupaten Sekadau yang mengalami pecah ban tiba di Asrama Haji Kalbar, Rabu (9/8) pukul 16.10. RIKO SAPUTRA

eQuator.co.idPontianak-RK. Bus nomor 1 KB 7601 JL yang membawa Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sekadau mengalami pecah ban di Jalan Ambawang, tepatnya dekat Tugu Alianyang, Rabu (9/8) pukul jam 15.30.

Bis pengantar CJH berangkat dari Kabupaten Sekadau pukul 09.00 kemudian dilanjutkan untuk menuju asrama haji Kalbar di Pontianak. Namun dalam perjalanan diperkirakan karena ban terlalu panas, maka kejadian pecah ban pun tidak terelakan.

Yohanes Dempek perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau yang mendampingi pemberangkatan CJH membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya pecah ban dikarenakan ban terlalu panas dan kurangnya bus diistirahatkan.

“Dikarenakan ban kepanasan dan sepertinya kurang istirahat. Kita jam 11.30 istirahat sekali di Batang Tarang,” ujarnya ketika sampai di Asrama Haji Kalbar.

Tiga unit bus yang mengantar CJH asal Kabupaten Sekadau. Khusus bus nomor 1 yang mengalami pecah ban mengangkut sebayak 18 CJH. Dalam peristiwa tersebut dia mengatakan tidak ada korban jiwa, seluruh penumpang selamat sampai ke Asrama Haji.

“Tidak ada masalah, CJH tetap di dalam bis menunggu sekitar 15 menit untuk mengganti ban, kemudian perjalanan pun dilanjutkan,” terangnya.

Yohanes Dempek selaku perwakilan Dishub Sekadau juga menyesalkan kejadian tersebut bisa terjadi. Dia berharap semoga pihak transportasi mengontrol dan mengecek persiapan secara berkala sebelum keberangkatatan. Dia menegaskan, semoga itu menjadi pelajaran supaya tidak terulang dikemudian hari.

“Harus dikontrol dan lakukan pembaharuan sebelum berangkat. Beruntung tadi masih ada persiapan ban serap,” imbuhnya.

Senada juga disampaikan Zakaria, CJH yang berada dalam bus tersebut. Dia membenarkan kejadian pecah ban di Jalan Ambawang dan bersama CJH  lainnya menunggu di dalam bus  sekitar 15 menit. Bahkan dia mengatakan kedua bus pengangkut CJH asal Sekadau juga menunggu sampai bus nomor 1 siap dijalankan. “Alhamdulillah masih berjalan lancar dan diberikan keselamatan,” ujar ketua rombongan delapan itu.

Ketiga bus pengangkut CJH berjumlah 58 jamaah asal Sekadau telah sampai di asrama haji pada jam 16.10. Kemudian langsung disambut oleh panitia haji Kalbar yang sudah menunggu. (rik)