Kolam Renang Ampera Diresmikan, Proyek Multiyears Rp24 Miliar

MANDI. Beberapa bocah sedang mencoba mandi di kolam renang Ampera yang baru diresmikan, Selasa (29/11) di Jalan Ujung Pandang 2 Kecamatan Pontianak Kota. Humas Pemkot for RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Fasilitas Kolam Renang Ampera di Jalan Ujung Pandang 2 Kecamatan Pontianak Kota diresmikan,

Selasa (29/11). Kolam renang tersebut menghabiskan dana sekitar Rp24 miliar.

Kolam renang ini rencananya akan dikelola oleh pihak ketiga. Masyarakat luas baru mulai dapat menikmatinya Januari 2017.

“Kalau dikelola pemerintah, kita harus siapkan dana sekitar Rp2,3 miliar per tahun. Tapi kalau dikelola pihak ketiga, justru kita yang mendapat keuntungan,” kata Wali Kota Pontianak H Sutarmidji SH MHum saat meresmikan Kolam Renang Ampera.

Dari lahan keseluruhan seluas enam hektar, yang tersisa masih seluas 180 meter persegi. Mengingat lahan yang tersedia masih luas tersebut Pemkot Pontianak juga akan menambah beberapa fasilitas lain bagi publik. Diharapkan dengan adanya kolam renang ini dapat meningkatkan prestasi atlet renang di Kota Pontianak.

Bahkan, Sutarmidji meminta atlet renang nasional, Wisnu Wardhana yang juga hadir dalam peresmian itu untuk menyelenggarakan kejuaraan tingkat nasional di Kota Pontianak.

“Saya akan bicarakan dengan KONI, ada kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional itu sudah seharusnya digelar di Pontianak,” ujar Sutarmidji.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pontianak Syarif Saleh menyampaikan, pembangunan kolam renang selesai dikerjakan secara multiyears sejak 2014 sampai 2015 dan masa pemeliharaan berakhir hingga Juli 2016.

Pekerjaan terdiri dari tribun, kolam induk/besar standar olyimpic, kolam anak, gazebo, cafetaria, ruang ganti, ruang bilas, ruang pompa, areal parkir dan taman.

“Peresmian kolam renang juga dirangkaikan dengan perlombaan renang antar Pelajar SD, SLTP dan SLTA se Kota Pontianak,” jelasnya.

Dia pun berharap, kolam renang ini dapat meningkatkan fasilitas maupun prestasi olahraga di Kota Pontianak serta mewujudkan pembinaan olahraga yang lebih intensif khususnya cabang olahraga renang

“Dari kejuaraan ini kita bisa melihat bibit-bibit atlet sejak dini. Jangan hanya merekrut juara pertama, tetapi lihat juga yang lain kalau posturnya bagus, masih muda itu dibina untuk menjadi atlet berprestasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Angga salah seorang pelajar, mengaku senang dengan keberadaan kolam renang ini. Dia menilai kolam tersebut cocok untuknya berenang dan bermain bersama teman-teman. “Ada perosotannya juga, senang bisa berenang dengan teman-teman di sini,” ucapnya. (fik)