120 Siaga Bersihkan Sampah

FOTO BERSAMA: Kwarcab Pramuka Sekadau berfoto bersama para peserta perayaan Hari Pandu Sedunia di Kompleks Rumah Betang Sekadau, belum lama ini.. Foto Kwarcab Sekadau for Rakyat Kalbar.

eQuator.co.id – Sekadau-RK. Praja Muda Karana (Pramuka) di Kabupaten Sekadau memiliki komitmen yang tinggi dalam mencintai lingkungan. Contohnya, ketika Peringatan Hari Pandu Sedunia, 120 Pramuka Siaga memungut sampah Lapangan Sepakbola EJ lanju dan Rumah Betang Sekadau.

“Selain untuk memperingati Hari Pandu Sedunia, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka perayaan Hari Peduli Sampah Nasional,” ucap Bartholomeus D SP, Wakil Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sekadau Bidang Bina Muda kepada Rakyat Kalbar, Kamis (25/2).

Bartholomeus menjelaskan, Hari Pandu Sedunia merupakan hari lahir pendiri Pramuka, Lord Robert Baden Powel 22 Februari. “Melalui peringatan ini, diharapkan peserta yang hadir dapat mengaktualisasikan semangat Bapak Pandu dalam mendirikan Pramuka sejak 159 tahun silam,” ucapnya.

Sementara untuk Hari Peduli Sampah 21 Februari. Menurut Bartholomeus, Pramuka harus peka terhadap lingkungan, termasuk persoalan sampah. “Ini merupakan wujud dari Dasa Dharma Pramuka,” tegasnya.

Peduli terhadap kebersihan lingkungan merupakan salah satu ajaran Pramuka. Kepedulian itu tertuang dalam butir kedua Dasa Dharma yang berbunyi “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Ketua Panitia, Siti Nurwahana didampingi Ketua Dewan Kerja, Dayang Sriyani menjelaskan, kegiatan peringatan Hari Pandu Sedunia itu merupakan agenda rutin Kwarcab Pramuka Sekadau. “Kegiatan ini kita laksanakan rutin tiap tahun,” ucapnya.

Selain bhakti sosial membersihkan sampah, kegiatan itu juga diisi dengan beragam lomba dan pendidikan kepramukaan. “Kegiatan ini dihadiri 120 Siaga dari sebelas sekolah dam 50 orang Pramuka Penegak,” tukas Siti. (bdu)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!