Waspada! Banjir Rob Terjang Sejumlah Daerah di Kalbar

ilustrasi. net

eQuator.co.id – PONTIANAK – Sejumlah daerah di Kalimantan Barat dilanda banjir rob, Sabtu (29/12). Kondisi ini terekam oleh warga dalam video pendek yang kini menyebar luas di media sosial.

Tampak dalam video yang beredar, kawasan pesisir mengalami terjangan luapan air di antaranya Kabupaten Mempawah, tepatnya di Jungkat Beach dan Kota Pontianak di sekitar kawasan Taman Alun Kapuas dan Jeruju. Serta sejumlah wilayah di Kabupaten Kubu Raya.

Terpantau air berarus deras meringsek masuk ke kawasan Jungkat Beach dan Taman Alun Kapuas. Sejumlah fasilitas di kedua lokasi wisata itu pun hanyut bahkan terancam rusak.

Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak juga telah mengeluarkan peringatan dini banjir rob di kawasan Kota Pontianak.

Dalam surat edaran tersebut, BMKG mengimbau warga di tepian sungai Kapuas supaya waspada terhadap kejadian alam ini. Peringatan mulai berlaku tertanggal 29 Desember 2019 sejak pukul 12.00 WIB hingga 14.00 WIB.

“Dengan adanya fenomena tersebut masyarakat di sekitar pesisir, bantaran sungai dan daerah yang lebih rendah diimbau tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum,” imbau BMKG dalam edaran tersebut.

Edaran ini juga memberitahukan cuaca dengan hujan sedang dan kecepatan angin mencapai 20 knot. Sementara untuk ketinggian gelombang mulai dari 0,1 meter hingga 0,4 meter dengan pasang maksimum mencapai 1,50 meter.

Masyarakat juga diminta mengikuti kabar terkini terkait cuaca dan gelombang dari BMKG agar dapat meningkatkan kewaspadaan. (Andrie)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!