Wasit Takraw Kalbar Dianugerahi Penghargaan Pelaku Olahraga Berprestasi Nasional

PIAGAM PENGHARGAAN. Ahmad Jamalong menunjukan piagam penghargaan sebagai Pelaku Olahraga Berpestasi Nasional, Dalam Peringatan Hari Olahraga Nasiona, belum lama ini. Andi Ridwansyah/RK

eQuator.co.id – PONTIANAK. Karier Ahmad Jamalong, wasit cabang olahraga Sepak Takraw asal Kalimantan Barat (Kalbar) terus bersinar. Tak cuma di kancah nasional, tapi juga internasional.
Wasit berlisensi International Sepak Takraw Federation (ISTAF) ini kembali menorehkan prestasi terbaiknya ditahun 2019. Dia dinobatkan sebagai salah satu Pelaku Olahraga Berpestasi Nasional. Anugrah tersebut ia terima saat Peringatan Hari Olahraga Nasional, 9 September 2019.
Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Anugerah ini sebagai bentuk apresiasi kerja keras pelaku olahraga yang sukses mengharumkan nama negara di kancah internasional.
“Alhamdulilah, saya mendapatkan apresiasi dalam peringatan Hari Olahraga Nasional,” kata Jamalong kepada eQuator.co.id, Selasa (8/10) siang.
Penghargaan yang diterima Jamalong sebagaimana Surat Keputusan (SK) Kemenpora Nomor 65 Tahun 2019 tentang Pemberian Penghargaan Bagi Pelaku Olahraga Berpestasi Nasional, Dalam Peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2019. “Tujuan pemberian penghargaan ini agar memotivasi pelaku olahraga lainnya,” jelas Jamalong.
Dosen Senior di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP-PGRI Pontianak ini mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang telah mengapresiasi para pelaku olahraga di tanah air. Ucapkan terima kasih juga disampaikan kepada Ketua Pengurus Besar Persatuan Sepaktakaw Indonesia (PB PSTI), KONI Kalbar, Disporapar Kalbar, Pengurus PSTI Kalbar, Rektor dan Civitas Akademik IKIP-PGRI Pontianak, maupun masyarakat Kalbar terutama insan olahraga. Atas dukungan itu, menjadikan dirinya terus termotivasi dalam berkarier dan mengharumkan nama Kalbar dan negara di kancah nasional hingga Internasional.
“Saya berharap, penghargaan ini dapat menjadi memotivasi saya, para pemuda, dan pelaku olahraga lainya tahan air,” harapnya.
Untuk diketahui, Jamalong telah memimpin beberapa kejuaraan internasional sepaktakraw. Di antaranya pada 2005 Sea Games Manila di Filipina, Asian Games 2006 Doha di Qatar, Sea Games 2007 Bangkok di Thailand, Sea Games 2009 Vientine di Laos, dan menjadi Wasit Asian Schools Games di Gong Zhou, China tahun 2010.
Kemudian pada 2008 jadi Wasit Asian Beach Games Bali, Indonesia dan pada 2010 Wasit Asian Besch Games di Muscat, Oman. Pada 2011 SEA Games Palembang, Indonesia. 2013 SEA Games Myanmar, 2017 SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia,  2018 Wasit Asean Schools Games di Shah Alam, Malaysia. Selain itu, anggota KONI Kalbar Periode 2017-2021 juga telah memimpin beberapa pertandingan penting. Yakni partai final pada Asian Games 2018 Palembang, Indonesia.
“Apabila dikalkulasikan, saya sudah memimpin 1.000 jam pertandingan di berbagai negara,” demikian Jamalong. (and)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!