Tips Mengurangi Penyakit Jantung

91

eQuator – Orang dewasa muda yang makan banyak buah dan sayuran memiliki penumpukan plak paling sedikit di arteri mereka dikemudian hari yang menunjukkan penurunan risiko penyakit jantung, menurut sebuah studi baru.

“Kebanyakan penelitian diet di luar sana hanya berfokus pada manfaat buah-buahan dan sayuran atau lemak sehat pada populasi yang lebih tua saja,” kata pemimpin peneliti, Dr. Michael D. Miedema, seperti dilansir laman Fox News, belum lama ini.

Namun saran diet yang sama akan berlaku untuk orang-orang muda, tapi hingga kini tidak ada studi langsung mengenai diet pada anak muda muda dan kaitannya dengan plak koroner dikemudian hari.

Analisis baru meneliti Coronary Artery Risk Development in Young Adults (CARDIA). Pada awalnya, pada tahun 1985, peneliti mengumpulkan sejarah diet dan data yang terkait dengan kesehatan lainnya dari mereka yang berkulit hitam dan putih usia 18 tahun hingga 30 tahun.

Untuk studi jangka panjang, para peneliti membagi 2.506 peserta penelitian menjadi tiga kelompok berdasarkan buah dan konsumsi sayuran. Mereka yang berada dikelompok atas mengonsumsi rata-rata tujuh sampai sembilan porsi per hari buah dan sayuran, sedangkan mereka yang bagian bawah mengonsumsi 2 hingga 3 porsi setiap hari.

Pada tahun 2005, para peserta melakukan computed tomography (CT) scan untuk memeriksa penumpukan kalsium di arteri jantung.

Mereka yang berada dikelompok atas yang mengonsumsi buah dan sayuran adalah 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki klasifikasi plak di arteri mereka 20 tahun kemudian dibandingkan dengan mereka yang berada dikelompok bawah.

“Buah dan sayuran mungkin penanda untuk diet sehat seumur hidup dan gaya hidup,” kata Alice H. Lichtenstein dari Tufts University di Boston.

“Data menunjukkan pola diet tinggi dalam buah-buahan dan sayuran bisa melindungi terhadap penyakit jantung,” katanya. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here