Tips Aman Memakai Lensa Kontak

Ilustrasi.NET

eQuator.co.id – Bagi anda yang memilih lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan dalam beraktivitas sehari-hari, padahal anda juga harus merias wajah dan mata sebagai salah satu bagian yang tak luput dari make up, saran dari laman khilmiyumni layak jadi perhatikan.

  1. Sebaiknya gunakan tata rias mata yang bebas dari minyak dan wangi-wangian.
  2. Gunakan rias mata setelah menggunakan lensa kontak.
  3. Gunakan maskara yang tahan air untuk mencegah kelunturan yang dapat menodai lensa kontak anda.
  4. Jangan gunakan maskara dengan serat pemanjang bulu mata. Serat tersebut bisa lepas dan terselip di bawah lensa kontak.
  5. Sebelum membersihkan rias mata, keluarkan lensa kontak terlebih dahulu.
  6. Gunakan pembersih rias mata yang bebas minyak dan tidak menimbulkan alergi
  7. Ganti eyeliner dan maskara setelah 3-6 bulan, sebelum terkontaminasi.
  8. Gunakan eyeliner di luar garis bulu mata.
  9. Sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak ketika melakukan pengecatan rambut, mengeriting rambut serta proses-proses lainnya yang memakai bahan kimia.
  10. Jangan menggunakan kosmetik orang lain, karena dapat menularkan infeksi.
  11. Pastikan anda tidak alergi dengan lensa kontak tersebut. Jika anda sudah terlanjur membeli sepasang dan timbul keluhan saat memakainya (misalnya mata merah, gatal, berair, perih), segera lepaskan. Bersihkan lensa tersebut dengan cairan pembersihnya dan perhatikan permukaan lensa tersebut, apakah ada kotoran yang menempel. Jika lensa kontak dalam keadaan baik, ada kemungkinan mata Anda yang alergi. Jangan lanjutkan pemakaian.
  12. Pemakai lensa kontak harus senantiasa menjaga kebersihan lensanya. Sebelum memakai atau melepas lensa kontak, cuci tangan dengan sabun yang tidak mengandung mosturiser, karena minyak dapat mengotori lensa anda dan susah dihilangkan. Keringkan tangan dengan diangin-anginkan, karena penggunaan tisu atau lap untuk mengeringkan tangan membuat partikel-partikel kain dan kertas akan tertinggal di tangan dan bisa merusak permukaan lensa kontak.
  13. Jika memungkinkan, pilih lensa kontak yang diwarnai biru bening, untuk memudahkan saat pemasangan atau pelepasan. Lensa yang berwarna biru bening akan nampak terlihat saat direndam di cairan pembersihnya.
  14. Pilih-pilih dengan baik jenis kontak lensa anda berdasarkan lama pemakaiannya. Kontak lensa ada yang disposable atau sekali pakai buang, ada juga yang bisa dipakai selama beberapa bulan, dan setahun atau lebih. Semakin singkat pemakaiannya semakin baik, karena lensa kontak yang sudah lama dipakai akan semakin menurun kenyamanan penggunaannya.
  15. Jangan lupakan kapan harus mengganti kontak lensa. Catat dengan baik waktunya, terutama jika anda memakai kontak lensa dengan periode lama. Jika lensa terasa tidak nyaman digunakan sebelum waktu kedaluwarsa, segera ganti dengan yang baru.
  16. Jangan sembarangan membeli kontak lensa, terutama karena diiming-imingi harga yang murah. Lensa kontak berwarna yang murah harganya terkadang tidak nyaman dipakai, karena bagian yang berwarnanya mengiritasi mata pemakainya. Lebih baik berkorban uang sedikit tetapi mendapatkan kualitas kontak lensa terbaik. Hal ini juga berlaku bagi cairan pembersihnya. Ingat, ini mata anda yang sedang kita bicarakan.
  17. Bereksperimenlah dengan berbagai warna kontak lensa. Dari yang coklat, abu-abu, ungu, sampai warna mencolok seperti biru atau hijau. Dijamin orang-orang akan terpesona melihat perubahan penampilan anda. Jika anda cukup percaya diri, pilih saja warna-warna terang seperti biru atau hijau. (kyi)
Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!