Tingkatkan Olahraga Sepak Takraw, Pengprov PSTI Kalbar Akan Gelar Pelatihan Kepada Pelatih

Wasit Internasional. Ahmad Jamalong berada di Manila Filipina untuk memimpin pertandingan sepak takraw di SEA Games XXX. Ahmad Jamalong for eQuator.co.id

eQuator.co.id – PONTIANAk. Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (Pengprov PSTI) Kalbar akan menggelar pelatihan peningkatan kempetensi pelatih Sepak Takraw Kalbar. Kegiatan ini recananya dilaksanakan di Aula IKIP PGRI Pontianak, 27-29 Desember 2019.

Kegiatan itu akan diikuti oleh 40 peserta. Mereka merupakan pewakilan Pengcab kabupaten/kota seluruh Kalbar. Dalam pelatihan ini, Pengprov PSTI Kalbar juga bekerja sama dengan Kemenpora RI.

“Tujuan kegiatan ini, guna mengembangkan dan meningkatkan kemampuan para pelatih Sepak Takraw yang ada di Kalbar. Selain itu, pelatihan ini jadi wadah silaturahmi insan Sepak Takraw Kalbar di akhir tahun,” ujar Ketua Pengprov PSTI Kalbar, Ahmad Jamalong, Kamis (26/12/2019).

Dia megatakan, Pengprov PSTI Kalbar terus bertekad melahirkan atlet-atlet Sepak Takraw yang bisa menorehkan prestasi nasional, bahkan internasional. Salah satu caranya dengan menggelar berbagai pelatihan. Baik pelatih, wasit, dan atlet.

“Selain itu, tentu saja kita mendorong semua Pengkab dan stakeholder untuk menyelenggarakan berbagai kejuaraan. Karena, hanya dengan kejuaraan, maka bisa melahirkan atlet terbaik,” katanya.

Wasit Sepak Takraw berlisensi International Sepak Takraw (ISTAF) ini menuturkan, melalui pelatihan tersebut dirinya pun berharap para pelatih PSTI Kalbar mendapatkan update terbaru.

“Baik tentang berbagai aturan, pola pembinaan, dan tata cara atau sistem terbaik dalam pembinaan atlet,” tuntas Jamalong.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pelatih Sepak Takraw Kalbar, Semar Hendi menjelaskan, 40 peserta terdiri dari para perwakilan pengurus Pengcab, pelatih, dan guru-guru olahraga yang ada di Kalbar. Mereka akan mendapatkan materi pelatihan terbaik.

“Selain materi di klasikal, mereka juga akan langsung praktek di lapangan,” ujarnya.

Setelah itu, peserta akan mengaplikasi ilmu yang didapat di daerahnya masing-masing sebagai syarat mendapatkan sertifikat dalam waktu tiga bulan kedepan usai kegiatan pelatihan. Adapun narasumber yang akan hadir di antaranya pelatih nasional Timnas Sepak Takraw Indonesia, Abdul Gani. Ia merupakan mantan Pelatih Asian Games 2018 saat membawa Indonesia merebut Medali Emas.

Kemudian, Ahmad Jamalong. Ketua Pengprov PSTI Kalbar ini merupakan wasit Internasional ISTAF yang baru saja menyelesaikan tugas di SEA Games XX Manila 2020.

“Beliau tentunya akan memberikan berbagai pengalaman terbaiknya, saat pelatihan nanti,” pungkas Semar. (and)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!