Gerhana Matahari Cincin, Kodam XII/Tpr Gelar Salat Khusuf

KHUSUF. Pelaksanaan salat gerhana juga dilakukan jajaran Kodam XII/Tpr, di Masjid Nurul Ikhlas, Kamis (26/12/2019) siang. Kapendam for eQuator.co.id

eQuator.co.id – SUNGAI RAYA. Salat gerhana atau salat Khusuf juga dilakukan jajaran Kodam XII Tanjungpura, di Masjid Nurul Ikhlas, Kamis (26/12/2019) siang. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasi Binrohis Bintaldam XII/Tpr, Mayor Inf Toyib Basori, yang diikuti prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr.

Dalam khotbahnya,Toyib Basori menyampaikan, sebagai umat manusia harus dapat mengambil hikmah terkait fenomena alam gerhana matahari cincin. Misalnya dengan merenung, meminta ampun kepada Allah SWT, memperbanyak melakukan kebaikan dan berdzikir. Kemudian meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

“Fenomena pergerakan benda-benda langit yang demikian tertib, agung dan menakjubkan adalah tanda akan hadirnya Dzat dengan kekuasaan yang tidak mungkin tertandingi oleh apapun dan siapapun. Dialah Allah SWT,” ujarnya.

Fenomena gerhana matahari yang disaksikan saat ini, seyogyanya diposisikan untuk terus bersyukur atas kesempatan melewati momen-momen indah tersebut. Momen gerhana matahari juga menjadi wahana tempat untuk memperbanyak permohonan ampun, tobat, kembali kepada Allah sebagai muasal dan muara segala keberadaan.

“Semoga dengan fenomena alam gerhana matahari kali ini meningkatkan kedekatan kita kepada Allah SWT, menjauhkan dari berbuat maksiat, menghindari dari perilaku zolim, membesarkan hati kita untuk ikhlas menolong sesama serta menjaga kita untuk selalu ramah terhadap alam sekitar,” tutupnya. (and)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!