Tiga Fokus Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Tim Asistensi Mabes Polri Kunjungi Pospol Sungai Pinyuh

6
Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso mengecek kesiapan personel ketika Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2018 di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (25/12). Humas Polres Mempawah for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Upacara Gelar Pasukan di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (25/12), menandai dimulainya Operasi Lilin Kapuas 2018. Memastikan tiga fokus pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 terlaksana, Tim Asistensi Mabes Polri yang dipimpin Brigjen Pol Hasanuddin mengunjungi Pospol di Kecamatan Sungai Pinyuh.

Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso mengungkapkan, Operasi Lilin Kapuas 2018 memfokuskan tiga hal dalam melancarkan perayaan hari besar keagamaan di wilayah hukumnya. Prioritas pertama, jelas Didik, melakukan penambahan waktu dan personel untuk melakukan patroli rutin. Tujuannya, memperkecil terjadinya potensi kejahatan.

Kedua, fokus pengamanan dilakukan terhadap rumah ibadah, agar menambah aman para umat Kristiani yang sedang melaksankan ibadah. “Ketiga, kita juga membuat Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan di titik-titik strategis,” ungkapnya.

Sementara terhadap rumah warga, Polres melakukan patroli di masing-masing Polsek. Selain itu, Polres melakukan patroli mobile. “Unit-unit kami juga melakukan penyelesaian untuk mencegah adanya tindak pidana,” tuturnya.

Sebelum Operasi Lilin Kapuas digelar, Didik mengungkapkan, Polres meningkatkan kegiatan rutin. Pertama, melakukan pemberantasan premanisme, melakukan sweeping minuman keras (Miras) di wilayah Kabupaten Mempawah. “Alhamdulillah, sampai tanggal 25 Desember tidak ada tindakan pidana yang terjadi di wilayah Kabupaten Mempawah,” ungkapnya.

Sementara itu, memastikan Operasi Lilin 2018 di seantero negeri terlaksana maksimal, termasuk di Kabupaten Mempawah, Tim Asistensi Mabes Polri dipimpin Brigjen Pol Hasanudin mengunjungi Pospol Pengamanan di Kecamatan Sungai Pinyuh, Selasa (25/12).

Kedatangan mantan Wakapolda Kalbar ini disambut langsung oleh Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso beserta jajaran perwira Polres Mempawah, serta Dandim 1201/Mempawah yang diwakili Kasdim 1201/Mempawah Mayor Inf Fitriadi SAg.

Brigjen Pol Hasanuddin mengecek persiapan personel Polres Mempawah yang berjaga di Pos Pengamanan Operasi Lilin 2018. Dia bertanya kepada Panit 2 Lantas Polres Mempawah, Ipda Sanudin mengenai laporan masyarakat sejak Operasi Lilin digelar, dan titik kerawanan di sekitar Pos Pengamanan Sungai Pinyuh. “Hingga saat ini masih belum ada laporan terkait laka lantas ataupun aduan masyarakat,” jawab Ipda Sanudin.

Hasanuddin berharap, seluruh personel Polri dalam menjalankan tugas selalu ihklas, agar semua pekerjaan yang dilaksanakan tidak terasa berat dan terlaksana dengan baik.

 

Reporter: Ari Sandy

Editor: Yuni Kurniyanto