Teluk Keramat Juara MTQ Kabupaten Sambas

Wakil Bupati Sambas, Dr Pabali Musa MAg menyerahkan Piala Bergilir MTQ Kabupaten Sambas kepada perwakilan Kontingen Kecamatan Teluk Keramat disaksikan Ketua LPTQ dan Ketua Panitia MTQ Kabupaten Sambas di Kecamatan Sajad. M Ridho/ Rakyat Kalbar

eQuator – Sambas. Meraih 3 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu, Kecamatan Teluk Keramat mengumpulkan 25 point dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27 Kabupaten Sambas di Kecamatan Sajad. Sedangkan Kecamatan Subah dan Semparuk berada di posisi kedua dan ketiga.

“Alhamdulillah, MTQ Kabupaten Sambas telah terlaksana dengan baik dan lancar,” kata Ketua Panitia MTQ Kabupaten Sambas, Bahtiar saat acara Penutupan MTQ ke-27 Kabupaten Sambas, Kamis (31/12).

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Sambas, Ir H Hasanusi MM mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh pihak sehingga MTQ Kabupaten Sambas sukses digelar, terutama Pemkab Sambas dan elemen masyarakat Kabupaten Sambas, khususnya Kecamatan Sajad. “LPTQ akan memberikan pembinaan kepada juara MTQ hingga pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kalbar dan nasional. Semoga hasilnya akan lebih baik dari tahun sebelumnya,” harapnya.
Di tempat yang sama, Wakil Bupati Sambas, Dr Pabali Musa MAg mengatakan, kegiatan MTQ mempunyai makna khusus dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan keagamaan. “MTQ dapat membantu kita memperdalam pengamalan ajaran agama Islam, dan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. Juga penerapan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Alquran akan tetap menjadi pedoman hidup bagi masyarakat Kabupaten Sambas,” kata Pabali menutup MTQ Kabupaten Sambas ke 27.
Pelaksanaan MTQ, jelas Wakil Bupati Sambas, memiliki misi dan makna yang cukup penting, tidak saja meningkatkan minat baca Alquran, namun juga mengajak umat Islam mampu menghayati dan mengamalkan isi kandungan Alquran, terutama dalam meningkatkan syiar Islam, mengingat dan menghayati isi Alquran yang penuh dengan aturan dan petunjuk bagi umat manusia menuju kebahagiaan, dan kesejahteraan lahir maupun batin.
Ditegaskan Pabali, Kabupaten Sambas memiliki potensi dalam berbagai cabang musabaqah. Potensi tersebut harus menjadi penyemangat LPTQ dalam melakukan pembinaan, dimana Kabupaten Sambas berhasil menjadi juara di ajang MTQ tingkat nasional. “Salah satu azas pembangunan nasional adalah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, jadikanlah MTQ sebagai sarana untuk meningkatkan kadar keimanan,” imbaunya.
Untuk memajukan Kabupaten Sambas, ungkap Pabali, masih banyak yang harus dilakukan dan diupayakan dalam segala aspek kehidupan, terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sambas yang dilandasi dengan nilai-nilai keagamaan. Makanya, pelaksanaan MTQ harus betul-betul disikapi, dan jangan dimaknai sebagai lomba semata, karena dalam MTQ tentu ada yang menang dan ada yang kalah. “Bagi yang menang harus lebih giat lagi. Sebab, akan mendapatkan tantangan yang lebih besar pada MTQ tingkat provinsi dan nasional,” ingatnya.

Reporter: Muhammad Ridho

Redaktur: Yuni Kurniyanto

No. Nama Kecamatan Emas Perak Perunggu Poin
1. Teluk Keramat 3 3 1 25
2. Subah 3 1 1 19
3. Semparuk 1 3 3 17
4. Selakau 2 1 2 15
5. Sajad 1 1 2 12
6. Tebas 2 0 1 11
7. Sejangkung 1 1 3 11
8. Sambas 0 3 2 11
9. Tekarang 2 0 0 10
10. Jawai 0 3 0 9

 

Sumber: LPTQ Kabupaten Sambas.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!