Sudah Saatnya Generasi Muda Cinta Lagu Perjuangan

20
BUKA LOMBA. Dodi Riyadmadji (kemeja putih) membuka Lomba Lagu Perjuangan dalam rangka HUT RI ke 73 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (8/8). Humas Pemprov for RK

eQuator.co.id PONTIANAK-RK. Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tidak lama lagi. Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji mengajak masyarakat untuk mengisi HUT RI dengan semangat persatuan dalam perbedaan.

“Masyarakat diingatkan untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat,” ujar saat membuka Lomba Lagu Perjuangan dalam rangka HUT RI ke 73 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (8/8).

Indonesia harus menjadi bangsa yang bermartabat. Berkepribadian Pancasila, tanpa memandang ras, suku dan agama. “Untuk mencapai tujuan yang luhur,” ujarnya.

Dodi menuturkan, perbedaan itu indah. Apalagi jika perbedaan dapat diaktualisasikan dalam kebersamaan dan menghormati perbedaan itu. “Maka kita bisa bersatu untuk membangun bangsa ini. Khususnya masyarakat Kalbar,” lugasnya.

Indonesia telah lepas dari cengkeraman penjajah selama ratusan tahun. Dia meminta masyarakat dapat memaknai peringatan HUT RI dengan menggunakan potensi yang dimiliki. Mengisi kemerdekaan untuk terus membangun tanah air. “Kita ingin segera mewujudkan kemerdekaan yang sesungguhnya bagi masyarakat,” ucapnya.

Merdeka itu kata Dodi, masyarakat yang berbudaya. Merdeka itu masyarakat yang sehat. Merdeka itu masyarakat yang cerdas. Merdeka itu masyarakat yang sejahtera. “Dan merdeka itu masyarakat maju dan demokratis,” sebutnya.

Selain masyarakat, Dodi juga mengajak segenap ASN di lingkungan Pemprov Kalbar untuk menyambut dan merayakan HUT RI dengan menanamkan semangat. Baik semangat perjuangan dan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sebagai tonggak perjuangan dan semangat agar bersatu.

“Mari kita bersama memantapkan kedaulatan dan jiwa kebangsaan. Serta mewujudkan masyarakat Kalbar yang maju dan sejahtera,” ajaknya.

Dodi yang juga Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setda Kalbar ini sangat menyambut baik atas terselenggaranya Lomba Lagu Perjuangan tersebut. “Semoga dapat mengingat akan jasa para pahlawan dan membangkitkan rasa nasionalisme,” ingatnya.

Sementara itu, Ketua DWP Setda Kalbar, Ratna Yuniar mengatakan, Lomba Lagu Perjuangan ini merupakan acara tahunan dalam menyambut HUT RI. Sudah saatnya lagu-lagu perjuangan terus digaungkan. Agar generasi muda dapat menyanyikan lagu-lagu perjuangan. “Sudah saatnya, generasi muda harus cinta pada lagu-lagu perjuangan ini,” pungkas Ratna. (Riz)