Sonsong MTQ Sekadau ke VI, LPTQ Sekadau Hilir Bersiap Diri

Seleksi MTQ. Persiapan yang dilakukan LPTQ Sekadau Hilir menghadapi MTQ Sekadau ke VI di Nanga Mahap, November mendatang. Abdu Syukri-RK

eQuator.co.id – SEKADAU-RK. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Sekadau Hilir telah mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VI tingkat Kabupaten yang akan digelar di Nanga Mahap, November mendatang. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah seleksi.

“Untuk Sekadau Hilir, kita sudah melaksanakan seleksi MTQ tingkat kecamatan,” ujar Syamsu Alam, Ketua LPTQ Kecamatan Sekadau Hilir kepada Rakyat Kalbar, kemarin.

Seleksi dilakukan sejak Sabtu 31 Agustus hingga Minggu 1 September 2019. Seleksi dipusatkan di Masjid Muhajirin, Kota Sekadau.

“Tujuan seleksi adalah untuk mencari bibit-bibit anggota kontingen yang andal. Harapan kita, dalam MTQ nanti bisa meraih juara dan bisa keluar sebagai juara umum,” tutur Syamsu.

Seperti pada pelaksanan MTQ, seleksi melibatkan dewan hakim. “Pemenang dari seleksi ini, akan mewakili Kecamatan Sekadau Hilir dalam MTQ tingkat kabupaten kelak,” ulas Syamsu.

Sekretaris LPTQ Kecamatan Sekadau Hilir, M. Husni Mubarok manambahkan, dalam seleksi itu peserta berasal dari berbagai tingkatan. Mulai dari peserta SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAN dan TPA/ serta dari Pondok Pesantren. “Mereka harus mengikuti serangkaian tes yang kita lakukan,” sambung Husni.

Husni menjelaskan, ada empat cabang lomba yang diseleksi. Masing-masing tartil putra/putri, tahfidz 1 juz putra/putri, pidato putra/putri, serta saritilawah putra/putri. “Untuk tartil peserta ada 30 orang. Tahfidz ada 7 orang, pidato ada 23 orang dan saritilawah ada 19 orang,” rinci Husni.

Camat Sekadau Hilir, Syafe’i Yanto mendukung pelaksanaan seleksi tersebut. “Kita memberikan dukungan penuh terhadap seleksi ini,” kata Syafe’i.

Syafe’i juga berharap, melalui hasil seleksi tersebut bisa mengharumkan nama Kecamatan Sekadau Hilir di tingkat kabupaten kelak. Pelaksanaan MTQ ini juga diharapkan bisa meningkatkan ketaqwaan para peserta. “Mudah-mudahan bisa meningakatkan keimanan kita kepada Allah dan kecintaan kita kepada Al-Qur’an,” pungkas Syafe’i. (bdu)

 

 

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!