Seleksi CPNS 2018 Segera Dibuka

H Subhan Nur: Jangan Sampai Ada Permainan Curang

13
Ilustrasi.NET

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Kabar gembira bagi masyarakat Kalbar. Pasalnya sebentar lagi akan dibuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di seantero Provinsi Kalbar.

“Kita minta supaya betul-betul ditetapkan sesuai mekanisme yang sudah ada dan wewenang yang jelas,” ujar Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalbar, H Subhan Nur di Gedung Parlemen Kalbar, Rabu (19/9).

Wakil rakyat asal Dapil Kabupaten Sambas ini menegaskan, Komisi I yang membidangi pemerintahan akan terus memantau dan memonitoring terhadap pelaksanaan tersebut. “Kalau nanti ada laporan dari masyarakat, mau tidak mau kita akan menindaklanjuti hal tersebut,” tegasnya.

Melalui pelaksanaan pembukaan CPNS 2018 khususnya di wilayah Provinsi Kalbar, H Subhan berharap supaya tidak ada aspek permainan terkait proses seleksi tersebut.

“Saya berharap agar tidak ada permainan yang terjadi, sehingga bisa menghasilkan calon-calon aparatur sipil negara yang betul-betul mempunyai kualitas serta memberikan harapan terhadap aspek-aspek pelayanan publik ke depan,” harapnya.

Seperti diketahui bahwa pelamar CPNS 2018 wajib mendaftarkan diri lewat SSCN sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini berlaku kepada pelamar untuk semua instansi.

Meski situsnya bisa diakses, namun pendaftaran CPNS baru terbuka paling cepat pada 26 September 2018. Namun, pihak BKN menyebut tanggal tersebut masih tentatif. “Pendaftaran tanggal 26 nanti paling cepat. Masih belum fiks, tapi diusahakan bisa cepat,” ujar Ridwan.

Sementara itu, pada 19-26 September 2018 baru akan diumumkan jumlah formasi dari 76 kementerian dan 525 daerah.

Seperti diketahui bahwa pemerintah menyiapkan jumlah formasi CPNS 2018 sebanyak 238.015 posisi. Berdasarkan perhitungan tersebut, 51.271 posisi akan ditempatkan di pusat, sementara 186.744 untuk instansi daerah.

Seleksi CPNS 2018 akan dilakukan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT). Dengan demikian, peminat wajib mendaftarkan diri secara onlinedi http://sscn.bkn.go.id.

Reporter: Zainudin/Net

Redaktur: Andry Soe