Selamat Tinggal Gelap Gulita

PLTMH Terangi Rumah Warga Desa Sungkung II

0
MANDI. Seorang warga berendam di aliran air bendungan PLTMH di Desa Sungkung II, Kecamatan Siding, Bengkayang, Sabtu (12/1). Kurnadi-RK

eQuator.co.id – Bengkayang-RK. Ratusan warga Desa Sungkung II Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang sudah dapat menikmati penerangan listrik. Sehingga malam hari masyarakat tidak lagi mengalami gelap gulita.

Desa Sungkung II telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pembangkit ini dibangun menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018. PLTMH telah rampung dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat. “Masyarakat kerjakan dengan cara gotong-royong,” ujar Kepala Desa (Kades) Sungkung II, Amir, Kepada Rakyat Kalbar, Sabtu (12/1).

Saat ini, PLTMH bisa dinikmati masyarakat. Listrik telah menyala dan dialirkan ke rumah-rumah warga. “Selaku Kades, saya sangat bersyukur dengan adanya dana desa ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dana desa benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, asalkan digunakan dengan baik sesuai perencanaan yang telah dibuat melalui APBDes. Baik oleh perangkat desa, para Kepala Dusun, Ketua RT, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). “Ke depan kami akan terus berupaya memajukan dan membangun Desa Sungkung II dan menjalankan amanah yang telah dipercayakan warga desa kepada kami selaku Kepala Desa,” tuturnya.

Tahun ini, melalui dana desa ada tiga jenis kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Sungkung II. Yaitu, pembangunan jembatan di Dusun Luu, pembangunan jembatan di Dusun Medeng, dan peningkatan pembanguman tiang listrik di Dusun Kadok.

“Ketiga jenis kegiatan itu semuanya direncanakan dan anggarkan dengan dana desa. Akan dibangun secara gotong royong untuk kepentingan masyarakat Desa Sungkung II,” lugasnya.

Amir berharap, Pemerintah Kabupaten Bengkayang tetap mendukung terlaksananya pembangunan di Desa Sungkung II. Sehingga segala pembangunan yang dilaksanakan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. “Di satu sisi tentunya masyarakat juga tetap bersatu, bergotong-royong dan bekerjasama untuk membangun dan memajukan Desa Sungkung II,” demikian Amir.

 

Laporan Kurnadi

Editor: Arman Hairiadi