Ronaldo Buang Mik Bukan karena Israel

42
HOAX

eQuator.co.id – ’’SAAT Cristiano Ronaldo Membuang Mic Wartawan Israel Saat Diwawancarai. Tapi Ada Manusia Negeri ini Malah Asyik Mesra Dengan Israel.’’ Begitulah komentar akun Facebook Abdi Syahlaa yang diunggah Senin (25/6). Status itu mengomentari sebuah video tentang Cristiano Ronaldo yang sedang viral.

Yang lucu lagi posting-an akun Facebook Abdul Rohim. Dia membagikan video Cristiano Ronaldo membuang mik seorang jurnalis yang mewawancarainya. ’’Orang kalau punya hati walau non muslim tapi merasakan penderitaan sesama manusia. Atas perlakuan Israel terhadap warga Palestina. C. Ronaldo membuang mic revoter (mungkin maksudnya reporter) Israel yg mau mewawancarainya. Ada orang Indonesia yg gak punya hati?’’

Bisa ditebak dengan mudah, akun Abdi Syahlaa dan Abdul Rohim sedang menyindir KH Yahya Staquf. Sebagaimana diketahui, Yahya Staquf pernah menjadi perbincangan karena menerima undangan sebagai pembicara di sebuah forum di Israel. Memang hak Abdi Syahlaa untuk menyindir atau mengkritik Yahya Staquf. Sayangnya, bahan sindirannya justru sebuah pesan yang mengalami disinformasi.

Ya, Cristiano Ronaldo memang pernah membuang mik, tapi tak ada kaitannya dengan Israel atau wartawan Israel. Ceritanya, pada Juni 2016, ketika terjadi perhelatan Piala Eropa di Prancis, Ronaldo sempat melakukan hal yang kontroversial.

Pemain Portugal itu membuang mik seorang jurnalis televisi yang menghampiri untuk mewawancarainya. Mik itu diambil dan dilempar ke sebuah danau. Dikutip dari portal berita mainstream, The Guardian, kapten tim Portugal tersebut sedang emosional setelah timnya ditahan imbang oleh Austria dalam sebuah pertandingan di Piala Eropa 2016.

Menurut Guardian, ketika itu Ronaldo menghadapi tekanan media yang luar biasa. Nah, ketika berjalan di hotel yang diinapi timnas Portugal di Lyon, Ronaldo dan rombongan dihampiri sejumlah jurnalis. Seorang jurnalis Correio da Manha TV (CMTV), sebuah televisi Portugal, menyodorkan mik. Seketika Ronaldo menyaut mik tersebut dan membuangnya ke laut.

Pada perhelatan Piala Eropa 2016, Portugal memang sempat mengalami kesulitan yang luar biasa di fase gugur. Namun, Portugal akhirnya bisa lolos dari fase grup dan justru keluar sebagai juara Piala Eropa 2016. Jadi, jangan mudah menyebarkan sesuatu yang belum benar, ya. Kalau Anda hendak mengkritik seseorang, kritiklah dengan fakta. Bukan dengan pesan yang keliru. Malu. (Jawa Pos/JPG)

FAKTA: Video Cristiano Ronaldo membuang mik tak berkaitan dengan Israel. Mik yang dibuang juga bukan milik reporter media Israel. Melainkan media televisi asal Portugal, CMTV.