Bukan Foto KM Sinar Bangun

47
HOAX

eQuator.co.id – POSTINGAN hoax kembali tersebar di fanspage Kata Kita. Kali ini soal musibah tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Akun itu mem-posting seolah tim penyelamat sudah mendapat foto kapal nahas tersebut. Padahal, foto itu bukan KM Sinar Bangun.

“Basarnas dan Mahakarya Geo disaksikan oleh Menteri Sosial Bapak Idrus Marham, pada pukul 11:12 WIB telah menemukan dan mengidentifikasi posisi kapal Sinar Bangun,’’ tulis akun Kata Kita.

Menurut akun tersebut, keberadaan kapal itu ada di koordinat 2 deg 47’ 3.835 N, 98 deg 46’ 10.767 E di kedalaman 450 meter.

”Selanjutnya kami serahkan hasil ini kepada pihak berwenang untuk langkah-langkah strategis berikutnya,’’ tulis akun tersebut.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, foto yang beredar di media sosial tersebut hoax.

’’Beredar foto KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba. Foto ini Hoax. Foto editan. Hingga saat ini, bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 m, kondisi gelap, dingin, dan belum ada alat/penyelam hingga di dasar danau,’’ tulis Sutopo dalam akun Twitter-nya. (Jawa Pos/JPG)