Ratusan Prajurit Lanud Supadio Sumbangkan Darah

47
Caption Foto : Jajaran Lanud Supadio mendaftar sebagai peserta donor darah di Gedung Teddy Kustari (GTK), Rabu (11/4). Foto Penerangan Lanud Supadio for eQuator.co.id
Jajaran Lanud Supadio mendaftar sebagai peserta donor darah di Gedung Teddy Kustari (GTK), Rabu (11/4). Foto Penerangan Lanud Supadio for eQuator.co.id

eQuator.co.idKUBU RAYA. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-72, jajaran prajurit Pangkalan Udara (Lanud) Supadio menggelar aksi donor darah di Gedung Teddy Kustari (GTK), Rabu (11/4).

Bhakti sosial ini terlaksana atas kerjasama Lanud Supadio bersama PMI Kota Pontianak, turut hadiri Komandan Wing (Danwing) Udara 7, Kolonel Pnb Setiawan, yang didampingi para Kepala Dinas dan Komondan Satuan.

Mereka yang menyumbang darahnya adalah anggota Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan 51, Batalyon 465 Paskhas dan Denhanud 473 Paskhas, Basarnas Kalbar, dan Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio.

“Donor darah ini diikuti 150 prajurit. Darah-darah tersebutkan disumbangkan ke siapa saja yang membutuhkan, melalui PMI Kota Pontianak,” kata penanggung jawab kegiatan, Letkol Kes dr M.Tuafiq Rahman, Sp.Rad.

Perwira dengan melati dua di pundaknya ini menjelaskan, Lanud Supadio konsisten melaksanakan donor darah dalam setiap momentum. Misalnya pada perayaan HUT TNI AU di bulan April dan Hari Bakti di bulan Juli setiap tahunnya.

“Donor darah ini sangat bermanfaat bagi siapa saja, baik pendonor maupun penerima. Bagi pendonor, apabila rutin, maka bisa menjaga stabilitas tubuh, sehingga selalu dalam kondisi yang sehat,” paparnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit (Ka Rumkit) tingkat III dr Sutomo Lanud Supadio ini menganjurkan agar anggota satuan penjaga kedaulatan wilayah udara tersebut bisa menjadi pendonor rutin. Sebab, kebutuhan darah di Kota Pontianak dan sekitarnya sangat banyak, sementara pendonornya sedikit.

“Melalui donor ini lah, Lanud Supadio menunjukkan eksistensi di bidang kemanusiaan. Sekarang, donor darah sudah jadi gaya hidup masyarakat, sehingga dapat membantu orang lain,” kata Letkol Kes dr Taufiq.
Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Supadio, Letkol Sus Filfadri, mengatakan selain donor, peringatan HUT TNI AU ke-72 di lingkungan Lanud Supadio, dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan lainnya. Seperti pertandingan olahraga (open tournament Bola Voli) yang diperuntukan bagi instansi pemerintah dan swasta, tenis meja, dan menembak.

Serta lomba kebersihan perumahan anggota, bakti sosial bersih-bersih makam, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP), pemilihan Putra Putri Dirgantara, Lomba Fotografi, lomba melukis, dan terjun payung.

“Puncaknya pada Minggu (22/4), akan diselenggarakan fun bike yang terbuka untuk umum. Panitia menyediakan berbagai doorprize, di antaranya motor, sepeda, dan televisi, serta berbagai hadiah menarik lainnya,” tutur Letkol Sus Filfadri. (amb)