Protokol Kunci Sukses Sebuah Acara

Pembekalan Keprotokolan di Lingkungan Pemkot Pontianak

8
BIMTEK. Pemateri memberikan bimtek keprotokolan kepada peserta di lingkungan Pemkot Pontianak di ruang rapat Kantor Wali Kota, Rabu (31/10). Humas Pemkot for RK

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Petugas keprotokolan mempunyai tugas memberikan pelayanan secara langsung berkaitan dengan kegiatan pimpinan agar pimpinan mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan atau acara. Untuk itu, Bagian Humas dan Protokol (Humpro) Sekretariat Daerah Kota Pontianak menggelar bimbingan teknis (bimtek) keprotokolan di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (31/10).
Bimtek ini digelar selama dua hari dari tanggal 30 -31 Oktober 2018 dan diikuti sebanyak 44 peserta yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pontianak. Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Hidayati mengatakan, pembekalan keprotokolan ini sangat diperlukan untuk kelancaran setiap acara atau kegiatan. “Maka dari itu petugas protokol selalu dituntut mampu secara terampil, tanggap dan profesional dalam penanganan penyelenggaraan acara,” ujarnya.

Petugas protokol, lanjutnya, hendaknya mampu mengkoordinasikan mengkoordinasikan dan menyelaraskan semua aspek pendukung, serta berbagai hal yang berkaitan dengan suatu acara. “Sehingga dapat berjalan dengan baik, lancar, efektif dan efisien,” imbuhnya.
Pembekalan protokol ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagaimana menjalankan tugas keprotokolan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Dengan demikian peran ASN di lingkungan Pemkot Pontianak sangat penting dalam mensukseskan acara-acara pemerintahan maupun acara-acara lainnya yang dihadiri pimpinan,” kata Hidayati.

Kepala Bagian Humpro Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Surah Wardi, selain pembekalan keprotokolan, juga diberikan pembekalan pembawa acara. “Jadi kita juga memberikan pengetahuan berkaitan teknis bagi pembawa acara,” terangnya.
Menurutnya, fungsi keprotokolan dan pembawa acara sangat dibutuhkan pada berbagai kegiatan seperti acara resmi kenegaraan, pertemuan resmi, kunjungan kerja, audiensi dan penerimaan tamu atau acara perjamuan. “Sehingga dalam penyelenggaraannya perlu dikelola supaya acara berlangsung lancar dan sesuai etika kantor “ pungkasnya. (lid)