PNS Harus Berdedikasi, Loyal dan Bertanggungjawab

177 PNS Melakukan Sumpah Janji

24

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali mengharapkan, pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kubu Raya untuk disiplin bekerja. Apalagi ditengah sempitnya lapangan pekerjaan saat ini, PNS harus bersyukur dengan cara meningkatkan ibadah serta kinerja.

“Jangan baru-baru saja disiplin, tapi lama-lama kendor. Jadi harus diniatkan bahwa saat ini susah untuk mencari pekerjaan. Ini harus disadari bersama. Jangan hati bersyukur, tapi kelakuan tidak sesuai,” ujar Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali saat mengambil sumpah/janji 177 PNS Pemerintah Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (24/7).

Menurutnya, rasa syukur harus dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara bekerja disiplin. Ia mengingatkan sumpah/janji tidak saja dilihat sesama manusia, melainkan juga disaksikan Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kita harus hati-hati bahwa itu didengar dan dilihat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, manusia itu bisa dibohongi, tapi kalau Allah taala tidak bisa dibohongi. Kalau PNS berbohong, berarti sama dengan membohongi diri sendiri. Untuk itu, saya harapkan yang diambil sumpah/janji ini bisa semakin rajin,” tegasnya.

Bupati menegaskan, PNS wajib taat pada aturan. Ketaatan tersebut didasari adanya rasa memiliki PNS yang bersangkutan terhadap daerah tempatnya mengabdi. Karena itu, dirinya meminta para PNS untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap Kabupaten Kubu Raya. Jika ada rasa memiliki akan timbul kedisiplinan.

“Jadi tolong harus ada rasa memiliki terhadap Kabupaten Kubu Raya. Kalau ada rasa memiliki, insya Allah akan bisa disiplin,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, H Rusman Ali berharap PNS untuk berinovasi. Sumpah yang telah diucapkan adalah bentuk kesanggupan PNS terhadap negara dan Tuhan. Untuk menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. PNS harus berdedikasi, loyal dan bertanggungjawab. Keberadaan PNS harus punya nilai tambah serta membawa perubahan bagi lingkungan.

“Artinya apa yang tadi diucapkan oleh PNS harus diresapi. Jika menyadari bahwa kalau tidak disiplin itu berdosa dan menzalimi diri sendiri, insya Allah PNS akan bekerja sesuai ketentuan yang berlaku,” ulasnya.

Tak lupa, H Rusman Ali mengingatkan PNS untuk berakhlak mulia. Ia meminta PNS bertugas secara profesional dalam menyelenggarakan negara. PNS harus punya ide, pendapat dan terobosan. Itulah yang disebut inovasi.

“Jangan sampai inovasi pun tidak ada. Jadi kita harus punya kemampuan untuk bekerja. Di situlah pimpinan nanti akan menilai Anda bekerja dan membuka peluang untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi jika tidak berinovasi dan kerja keras maka cita-cita hanya tinggal angan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kubu Raya, Kusyadi mengungkapkan, 177 PNS yang diambil sumpah terdiri atas 22 orang tenaga kesehatan, 137 tenaga kependidikan dan 18 tenaga teknis.

“Pengambilan sumpah/janji ini untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS yang mewajibkan setiap PNS untuk mengucapkan sumpah/janji,” terang Kusyadi.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe