Pesparawi Ajang Promosi Wisata Kalbar

23
PENGGIAT WISATA. Jewita dan Genpi Kalbar mengisi stan Pameran Pesparawi di Rumah Radakng, Pontianak, kemarin. Nova Sari-RK
PENGGIAT WISATA. Jewita dan Genpi Kalbar mengisi stan Pameran Pesparawi di Rumah Radakng, Pontianak, kemarin. Nova Sari-RK

PONTIANAK-RK Sejumlah komunitas dan penggiat wisata mengisi stan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar di Pameran Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke XII di Rumah Radakng, Pontianak. Diantaranya Jejaring Wisata (Jewita) dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kalbar.
Mereka menampilkan beragam wisata yang ada di Kalbar. Berupa tayangan beberapa objek wisata di tanah borneo yang dipajang di stan tersebut. Kemudian untuk memperoleh informasi baik itu tentang destinasi wisata, kuliner dan pusat oleh-oleh suvenir juga disediakan dalam bentuk brosur. Lalu ada pula calender of event.
“Dalam pameran Pesparawi ini kita (Genpi) difasilitasi oleh Disporapar Kalbar, untuk mengisi stan yang ada. Tentu kehadiran kami ini juga tidak lain untuk mendukung pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Kalbar,” ujar Humas Genpi Kalbar, Relin Megrina Anggia dijumpai di stan Disporapar Kalbar, Rabu (1/8).
Layaknya pusat informasi pariwisata, pengunjung bisa mendapatkan informasi terkait objek wisata yang ada di Kalbar. Utamanya peserta Pesparawi dari berbagai provinsi di Indonesia. “Yang ingin mengetahui lebih jauh tentang wisata kita,” ujarnya.
Di samping objek wisata, di stan ini juga menghadirkan berbagai produk kerajinan dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kalbar. Diantaranya kain tenun, kaos motif khas Kalbar dan lainnya.
“Seperti kain dobby halus khas kalbar yang berasal dari Sintang kita promosikan di stan ini, lalu ada pula kaos, gelang yang di buat dari anyaman tikar, kemudian lukisan objek wisata Kalbar yang dibuat oleh rekan kita dari Jewita, dipajang di sini,” paparnya.

Relin berharap pariwisata yang ada di Kalbar semakin lebih berkembang. Genpi Kalbar bekerjasama dengan komunitas penggiat wisata lainnya juga terus berupaya mempromosikan pariwisata yang ada.
“Kita berharap momen Pesparawi ini juga menjadi ajang dibukanya peluang bagi wisata kita, agar nantinya dapat dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional,” imbuh Relin.
Terpisah, Direktur Jewita, Aristono Edi Kiswantoro menuturkan, Pesparawi merupakan event berskala nasional. Tentu menjadi peluang dan keuntungan bagi masyarakat Kalbar. Salah satunya menumbuhkan pariwisata Kalbar.

“Pastinya peserta Pesparwi akan menyambangi destinasi yang ada di sini. Dampak lainnya, UMKM kita juga ikut tumbuh, kuliner dan pasti ekonomi kita juga ikut tumbuh,” ujarnya.
Dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan pariwisata Kalbar. Stan yang difasilitasi Disporapar, tentu menjadi momen berharga bagi untuk ikut berkontribusi kepada pemerintah mempromosikan wisata.

“Saya mengajak khususnya anak muda bersama-sama mari kita jaga, lestarikan wisata serta budaya yang ada di daerah yang kita cintai ini, hingga lebih dikenal secara luas,” pungkasnya.

 

Laporan: Nova Sari

Editor: Arman Hairiadi