Perempuan Aset Bangsa

132
Bupati Mempawah, Ria Norsan mengunjungi stand makanan saat menyambut kedatangan Tim Penilai P2WKSS di SDN 5 Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan. Ari Sandy

eQuator – Mempawah. Perempuan merupakan aset bangsa yang harus diberdayakan dalam membangun Indonesia ke depan. Pernyataan itu disampaikan Bupati Mempawah, Ria Norsan saat menyambut kedatangan Tim Penilai Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di SDN 5 Desa Kepayang, Anjongan, belum alam ini.
“Jika penduduk perempuan tidak diberikan kesempatan untuk membangun potensinya, maka perempuan dapat menjadi beban bangsa dan mengurangi nilai hasil pembangunan yang telah dan akan dicapai,” ujar Ria Norsan.
Optimalisasi penduduk, terang Norsan, baik laki-laki maupun perempuan sebagai sumber daya pembangunan, harus dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. “Negara menjamin prinsip kesamaan dalam pelaksanaan seluruh program pembangunan, maka pembangunan yang berwawasan gender dapat memperoleh akses, peran, kontrol dan manfaat serta kesempatan untuk berpartisipasi dan menjadi perhatian bersama,” paparnya.
Selain itu, kualitas kaum wanita merupakan bagian yang perlu ditingkatkan, karena belum mampu mencapai tingkat kesehatan, pendidikan, pendapatan, dan tingkat kesejahteraan yang diharapkan. “Hal ini tidak lepas dari tingkat pendidikan kaum perempuan yang sebagian besar relatif masih rendah, karena itu kita selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas kaum wanita melalui berbagai program dan kegiatan. Salah satunya, program P2WKSS yang dilaksanakan rutin tiap tahun,” harapnya.
Norsan mengungkapkan, P2WKSS merupakan program peningkatan peran wanita menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan. Selain itu, dilakukan secara terkoordinasi melalui upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, untuk mencapai hidup yang berkualitas. (sky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here